Breaking News:

Virus Corona

Strategi Vaksinasi, Obat Covid-19, dan Prokes Ketat Menjadi Kunci Turunkan Pandemi Jadi Endemi

Strategi cakupan vaksinasi, obat untuk Covid-19, serta protokol kesehatan yang ketat sebagai pembuka jalan agar pandemi menjadi endemi.

Editor: Adi Suhendi
Tribunnews/JEPRIMA
Strategi cakupan vaksinasi, obat untuk Covid-19, serta protokol kesehatan yang ketat sebagai pembuka jalan agar pandemi menjadi endemi. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Kelompok Kerja (Pokja) Infeksi Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) Erlina Burhan mengatakan, strategi cakupan vaksinasi, obat untuk Covid-19, serta protokol kesehatan yang ketat sebagai pembuka jalan agar pandemi menjadi endemi.

"Strategi obat, vaksin, dan prokes, memang bisa menurunkan pandemi ke endemi," ujar Erlina dalam agenda pelatihan media terkait obat dan vaksin di masa pandemi Covid-19 yang diikuti secara virtual, Selasa (19/10/2021).

Ia mengatakan, saat ini perilaku masyarakat dalam menjalankan protokol kesehatan membaik diiringi dengan cakupan vaksinasi yang kian meluas.

"Makin banyak orang yang mengerti sadar dan waspada Covid-19 dengan memakai masker, cuci tangan, jaga jarak dari kerumunan dan cakupan vaksinasi juga meningkat kita lihat kasus Indonesia di bawah 1.000 per hari," jelasnya.

Dokter spesialis paru dari Divisi Infeksi Departemen Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia ini mengatakan, sejumlah obat-obatan yang memiliki potensi ampuh melawan Covid-19 sedang menjalani uji klinis tahap 3.

Baca juga: Pendaftaran Vaksinasi Covid-19 di PeduliLindungi dan Loket.com, Berikut Caranya

Baik yang bersifat monoclonal antibodies (protein buatan yang meniru kemampuan sistem kekebalan tubuh untuk melawan patogen berbahaya) seperti Bamlanivimab dan Etesevimab.

Serta obat-obatan yang bersifat antivirus seperti Molnupiravir, Proxalutamide, dan AT-527.

Hal-hal yang Perlu Diketahui Sebelum, saat, dan Setelah Menerima Vaksin Covid-19

Sebagai informasi, vaksin Covid-19 saat ini menjadi syarat wajib bagi masyarakat Indonesia yang ingin melakukan perjalanan.

Halaman
1234
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved