Breaking News:

Virus Corona

Tes PCR Jadi Syarat Penerbangan, Satgas: Harga, Akses, serta Kecepatan PCR Perlu Dikritisi

Penerapan kebijakan wajib tes PCR bagi penerbangan pesawat, terkait harga, akses, dan kecepatan tes harus dikritisi.

dok Angkasa Pura II
Seluruh penumpang dari luar negeri yang baru mendarat di Bandara Soekarno-Hatta dipastikan langsung menjalani tes PCR di Terminal 3 sebelum memproses keimigrasian untuk masuk wilayah Indonesia. 

Laporan Wartawan Tribunnews Taufik Ismail

TRIBUNNEWS. COM, JAKARTA - Penerapan Tes PCR bagi syarat penerbangan mendapat kritikan banyak pihak.

Kebijakan tersebut dinilai kontradiktif karena tujuan untuk menggeliatkan perekonomian, namun malah memberatkan masyarakat.

Kepala Bidang Penanganan Kesehatan Satgas Covid-‚Äč19, Alexander Ginting, mengatakan harga batas atas PCR sekarang ini sudah ditetapkan oleh Kemenkes.

Ia tidak menampik dengan penerapan kebijakan wajib tes PCR bagi pelaku perjalanan udara, maka terkait harga, akses, dan kecepatan tes harus dikritisi.

Baca juga: Satgas: Syarat PCR Untuk Penerbangan agar Tidak Terjadi Lonjakan seperti Negara Lain

"Harga PCR sudah diatur kemenkes, tentu mungkin disini yang harus kita kritisi aksesnya lebih baik, akselerasi lebih baik, harga terjangkau, dan waktu tunggu bisa 24 jam. ini yang harus kita kritisi," kata dia dalam dialog kompas Tv, Minggu, (24/10/2021).

Hanya saja menurutnya yang pasti, semangat dari kebijakan penerapan tes PCR tersebut untuk menjaga kesehatan dan keselamatan masyarakat dari pandemi Covid-19.

 Suasana kesibukan penumpang pesawat di Terminal 2 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Rabu (20/10/2021). Adanya pelonggaran aktifitas PPKM membuat masyarakat yang memanfaatkan transportasi udara makin meningkat untuk menuju ke sejumlah daerah. (Warta Kota/Nur Ichsan)
Suasana kesibukan penumpang pesawat di Terminal 2 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Rabu (20/10/2021). Adanya pelonggaran aktifitas PPKM membuat masyarakat yang memanfaatkan transportasi udara makin meningkat untuk menuju ke sejumlah daerah. (Warta Kota/Nur Ichsan) (Warta Kota/Nur Ichsan)

Mengingat terjadi lonjakan kasus Covid-19 di negara lain, padahal sebelumnya telah terkendali.

"Negara tetangga yang juga berhasil mengendalikan Covid-19 juga terjadi lonjakan," katanya.

Baca juga: Ini Daftar Harga Tes PCR Sebagai Persyaratan Wajib Naik Pesawat Terbang

Dalam mengeluarkan kebijakan baru ini, pemerintah kata Alexander telah melalui diskusi, lokakarya, atau pembahasan lainnya.

Halaman
12
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved