Breaking News:

Virus Corona

Jelang Libur Nataru, Pemerintah Imbau Masyarakat Kurangi Mobilitas dan Patuh Protokol Kesehatan

Pemerintah terus berupaya untuk mempertahankan  jumlah kasus Covid-19 serendah mungkin.

Freepik
Ilustrasi virus corona 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Juru Bicara Kementerian Kesehatan dr. Siti Nadia Tarmizi, mengatakan pemerintah terus berupaya untuk mempertahankan  jumlah kasus Covid-19 serendah mungkin.

Apalagi, kini muncul varian Omicron dan bayang-bayang mobilitas tinggi saat libur Nataru (Natal dan Tahun Baru) yang dapat berdampak pada lonjakan kasus Covid-19.

Namun demikian, ia menegaskan upaya yang dilakukan pemerintah akan efektif jika ada kerja sama yang baik dengan masyarakat.

Baca juga: PPKM Level 3 saat Nataru Batal Diterapkan, Luhut: Pemerintah akan Buat Kebijakan yang Lebih Seimbang

“Upaya ini akan efektif jika masyarakat patuh, taat dan disiplin terapkan protokol kesehatan termasuk mengurangi mobilitas dan berpartisipasi dalam vaksinasi Covid-19,'' tegas Nadia dalam kegiatan virtual, Senin (6/12/2021).

Baca juga: WHO Sarankan Tidak Gunakan Plasma Darah untuk Pasien Covid-19

Baca juga: PPKM Level 3 Nataru Batal, Inilah Rencana Aturan Perjalanan Internasional dan Domestik saat Nataru

Lebih lanjut, ia mengungkapkan langkah-langkah yang dilakukan pemerintah untuk penanggulangan pandemi Covid-19 adalah sebagai berikut :

Pertama yang dilakukan adalah deteksi melalui penguatan testing, tracing, karantina/ isolasi.

Deteksi juga dilakukan melalui surveilans untuk Pembelajaran Tatap Muka (PTM) dan surveilans genomic untuk mengawasi varian baru serta pengawasan di pintu masuk negara.

Kemudian manajemen klinis yang dilakukan tatalaksana kasus sesuai perkembangan ilmu pengetahuan termasuk potensi obat baru dan persiapan kapasitas rumah sakit dan fasilitas layanan kesehatan lainnya.

Selain itu, perubahan perilaku yang dilakukan melalui penguatan protokol kesehatan berbasis teknologi informasi PeduliLindungi serta melakukan peningkatan cakupan vaksinasi nasional.

Halaman
12
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved