Virus Corona

Pemerintah Perlu Lakukan Pemerataan Akses Vaksin Covid-19 pada Masyarakat Adat

Wiku Adisasmito pada Senin (13/6/2022) menyatakan, Bali dan mayoritas provinsi di Indonesia masih menunjukkan tren penurunan kasus.

Freepik
ilustrasi virus corona 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Aisyah Nursyamsi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Indonesia ingin segera mengubah status Pandemi COVID-19 menjadi Endemi. Kabar terakhir, Bali mengklaim memenuhi lima syarat menjadi endemi menurut WHO (World Health Organization).

Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito pada Senin (13/6/2022) menyatakan, Bali dan mayoritas provinsi di Indonesia masih menunjukkan tren penurunan kasus

WHO mensyaratkan, transisi menuju endemi bisa terjadi apabila beberapa indikator ini terpenuhi. Pertama, tingkat penularan di masyarakat harus kurang dari 1.

Kedua, angka positivity rate harus kurang dari 5 persen. Ketiga tingkat perawatan di rumah sakit di bawah 5 persen. Keempat, fatality rate kurang dari 3 persen.

Baca juga: Jenderal Andika Perintahkan Seluruh Pangkotama TNI di 3 Matra Gencarkan Vaksinasi Covid-19

Kelima, level pembatasan mobilitas (PPKM) pada transmisi lokal berada di tingkat 1. Dan Bali mengklaim, sudah memenuhi dari lima syarat itu.

Pemerintah juga menindaklanjuti kemajuan ini dengan menyusun peta jalan perubahan penanganan COVID-19 menjadi pengendalian.

Tujuannya untuk segera melakukan transisi dari status pandemi menjadi endemi COVID-19. Bahkan, harapannya status endemi ini akan menjadi kado di Hari Kemerdekaan nanti.

Selain itu, perubahan status juga harus sesuai dengan persetujuan WHO.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus, mengatakan fase COVID-19 bisa selesai dan menuju endemi bisa terjadi pada pertengahan 2022, asal dua syaratnya terpenuhi.

Halaman
123
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved