Virus Corona

Kasus Covid-19 Masih Naik Turun, Status Pandemi Indonesia Belum Bisa Berubah Jadi Endemi

Saat ini Indonesia masih menghadapi pandemi virus corona (Covid-19) karena angka kasusnya yang masih naik turun, meskipun sempat mengalami penurunan

capture zoom meeting
Dokter Spesialis Paru sekaligus Ketua Satgas Covid-19 Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI), Dr. dr. Erlina Burhan, Sp.P(K)., dalam virtual media briefing bertajuk 'Update Kasus Covid dan Cacar Monyet dari PB IDI', Jumat (26/8/2022). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Saat ini Indonesia masih menghadapi pandemi virus corona (Covid-19) karena angka kasusnya yang masih naik turun, meskipun sempat mengalami penurunan beberapa saat.

Sementara itu, dunia saat ini sedang bersiap untuk mengubah status pandemi menjadi endemi, karena banyak negara kini mulai bisa mengendalikan kasus infeksi virus ini.

Lalu bagaimana dengan Indonesia?

Dokter Spesialis Paru sekaligus Ketua Satgas Covid-19 Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI), Dr. dr. Erlina Burhan, Sp.P(K)., mengatakan saat berbicara mengenai 'endemi', semua orang harus memahami makna dibalik kata itu.

Ia menjelaskan, saat status Covid-19 tiap negara berubah dari pandemi menjadi endemi, maka jangan diartikan bahwa kasus positifnya benar-benar 'nol'. 

"Jangan beranggapan bahwa endemi itu kasusnya nggak ada," kata Dr. Erlina, dalam virtual media briefing bertajuk 'Update Kasus Covid dan Cacar Monyet dari PB IDI', Jumat (26/8/2022).

Dr. Erlina pun menuturkan bahwa ada sejumlah penyakit yang sejak lama telah berstatus endemi, seperti influenza hingga malaria.

Baca juga: Apakah Monkeypox Bisa Menyebar Secepat Covid-19? Begini Kata Ahli Epidemiologi

Hal itu karena kasus pada penyakit-penyakit tersebut memang tetap muncul, namun angkanya masih terkendali, tidak naik maupun turun secara signifikan seperti Covid-19.

"Influenza saat ini endemi, malaria endemi, jadi yang dimaksud dengan endemi adalah bahwa penyakitnya tetap ada, tetapi penyebarannya terkendali," jelas Dr. Erlina.

Oleh karena itu, untuk mengubah status pandemi Covid-19 menjadi endemi, diperlukan kerja sama semua pihak, mulai dari pemerintah hingga masyarakat.

Halaman
12
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved