Breaking News:

Ibadah Haji 2021

MUI: Arab Saudi Tidak Ingin Berspekulasi Soal Keselamatan Jemaah Haji

Pemerintah Arab Saudi hingga kini belum juga mengumumkan informasi mengenai pelaksanaan ibadah haji pada tahun ini.

STR / AFP
Ilustrasi: Jamaah yang berpakaian ihram terlihat sedang tawaf mengelilingi Kakbah dengan mengikuti garis melingkar di pelataran Kakbah. 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemerintah Arab Saudi hingga kini belum juga mengumumkan informasi mengenai pelaksanaan ibadah haji pada tahun ini.

Wakil Sekretaris Jenderal MUI Bidang Hubungan Luar Negeri dan Kerjasama Internasional Habib Ali Hasan Bahar mengatakan penanganan Covid-19 yang ketat membuat Arab Saudi belum memutuskan penyelenggaraan ibadah haji.

"Sampai saat ini Saudi Arabia belum memutuskan, karena di sana penanganan Covid-19 nya cukup ketat," ucap Habib Ali dalam webinar yang digelar Radio Elshinta, Jumat (11/6/2021).

Menurutnya, Pemerintah Arab Saudi tidak ingin para jemaah haji yang datang ke negaranya terancam keselamatannya.

Baca juga: Jemaah Haji 2021 Batal Berangkat, Kemenag Bantah Tudingan Diplomasi dengan Arab Saudi Buruk

Alasan tersebut diungkapkan Duta Besar Kerajaan Saudi Arabia untuk Indonesia Syekh Essam bin Abed Al-Thaqafi saat mengunjungi Kantor MUI Pusat, Jakarta, pada Selasa (8/6/2021).

"Arab Saudi juga berkali-kali mengatakan bahwa mereka tidak akan mau berspekulasi tentang keselamatan jamaah baik dari dalam ataupun dari luar," tutur Habib Ali.

"Duta besar juga ketika di MUI mengatakan tidak akan mau nanti ada yang datang ke negaranya itu menjadi terganggu kesehatannya, atau terancam kesehatannya atau pulang dari negara kami itu membawa yang tidak baik, membawa penyakit," tambah Habib Ali.

Baca juga: BPKH Sebut Dana Haji Bisa Dicairkan, 59 Jemaah Ajukan Pengembalian Setoran Pelunasan

Seperti diketahui, Duta Besar Kerajaan Saudi Arabia untuk Indonesia Syekh Essam bin Abed Al-Thaqafi mengunjungi Kantor MUI Pusat, Jakarta pada Selasa (8/6/2021) lalu.

Dalam kunjungannya tersebut, secara khusus, Dubes Saudi meluruskan pemberitaan tentang haji yang ramai di media pasca pembatalan beberangkatan haji oleh pemerintah.

Baca juga: Jemaah Haji 2021 Batal Berangkat, AMPHURI: Pertimbangan Sudah Tepat, Kami Hargai Keputusan Tersebut

Essam menyebut pembatalan haji sama sekali tidak terkait dengan hubungan Indonesia dan Arab Saudi.

"Masalah pembatalan keberangkatan jamaah haji Indonesia tidak ada kaitannya dengan hubungan baik yang sudah terjalin antara Saudi dan Indonesia," ujar Essam melalui keterangan tertulis, Selasa (8/6/2021).

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Hendra Gunawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved