Ibadah Haji 2022

Kementerian Agama: 27.280 Jemaah Haji Sudah Pulang ke Indonesia

Kementerian Agama menyebut sebanyak 27.280 jemaah haji Indonesia telah dipulangkan ke Tanah Air.

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Wahyu Aji
TRIBUN LAMPUNG/Deni Saputra
ILUSTRASI Jamaah haji kloter pertama Lampung tiba di Asrama Haji Lampung, Rajabasa, Bandar Lampung, disambut oleh keluarga, Senin (18/7/2022). Kementerian Agama menyebut sebanyak 27.280 jemaah haji Indonesia telah dipulangkan ke Tanah Air. 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Arsad Hidayat mengungkapkan sebanyak 27.280 jemaah haji Indonesia telah dipulangkan ke Tanah Air.

Para jemaah tersebut berasal dari rombongan gelombang pertama yang dipulangkan ke Indonesia.

Fase pemulangan jemaah haji yang diberangkatkan pada gelombang pertama sudah berlangsung sejak 15 Juli 2022.

"Secara bertahap, sejak 15 Juli sampai hari ini, 27.280 jemaah haji Indonesia yang berangkat pada gelombang pertama sudah pulang ke Tanah Air," ujar Arsad melalui keterangan tertulis, Senin (25/7/2022).

Para jemaah yang dipulangkan pada gelombang pertama ini adalah yang tiba terlebih dahulu di Arab Saudi melalui Kota Madinah.

Arsad mengatakan para jemaah ini secara bertahap dipulangkan melalui Bandara Internasional King Abdul Aziz, Jeddah setelah menjalani ibadah haji.

"Mereka tergabung dalam 68 kelompok terbang atau kloter," kata Arsad.

Menurut Arsad, jemaah yang berangkat pada gelombang pertama dan mendarat di Madinah, berdasarkan data kedatangan pada Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Kemenag, berjumlah 45.096 orang. Mereka tergabung dalam 114 kloter.

Baca juga: 73 Jemaah Wafat Hingga Hari ke-52 Operasional Haji, Ini Data Lengkapnya

“Artinya, sudah ada 60 persen jemaah haji gelombang pertama yang dipulangkan melalui Bandara Jeddah. Proses pemulangan ini akan berlangsung hingga 30 Juli 2022,” ujar Arsad.

Selain memulangkan dari Makkah melalui Bandara Jeddah, PPIH juga memberangkatkan jemaah haji Indonesia dari Makkah ke Madinah.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved