Breaking News:

Curhat Perempuan Berhijab asal Kanada: Ditahan Saat Masuk AS, Ditanyai Soal Agama

Perempuan asal Kanada menceritakan pengalamannya ditahan dan ditanyai soal agama saat hendak mengunjungi AS.

(CBC News/Salimah Shivji)

Tribunnews/Ruth Vania

TRIBUNNEWS.COM, MONTREAL - Seorang perempuan asal Kanada menceritakan pengalamannya ditahan dan ditanyai soal agama saat hendak mengunjungi AS.

Pekan lalu, muslimah berhijab bernama Fadwa Alaoui itu ditahan di bagian imigrasi Philipsburg saat akan berkunjung ke AS bersama keluarganya.

Padahal, sebelumnya, Fadwa Alaoui tidak pernah menemui masalah terkait kunjungannya yang cukup sering ke AS untuk menemui orangtua dan saudaranya.

Fadwa Alaoui mengatakan dirinya selama ini memang cukup sering melakukan perjalanan dari Kanada dan AS, menggunakan paspor Kanada miliknya.

Namun, kali ini rencana Fadwa Alaoui untuk berbelanja di Vermont, AS, bersama dua anaknya harus gagal lantaran dirinya malah tertahan oleh pihak imigrasi.

Menurut Fadwa Alaoui, awalnya pihak imigrasi AS meminta ponselnya serta kode kunci ponselnya, dan memeriksa ponselnya selama kurang lebih sejam.

Fadwa Alaoui kemudian ditanyai selama 45 menit seputar agama yang dianutnya.

"Dia bilang, 'Apakah Anda menganut Islam? Masjid mana yang Anda kunjungi? Imamnya siapa? Seberapa sering Anda ke masjid itu? Diskusi seperti apa yang biasanya dibicarakan di masjid itu?'," cerita Fadwa Alaoui.

Tak hanya itu, Fadwa Alaoui juga mengatakan dirinya ditanyai komentarnya soal insiden penembakan di sebuah masjid di Quebec City, Kanada, dan soal kebijakan imigrasi Presiden AS Donald Trump.

Halaman
12
Penulis: Ruth Vania C
Editor: Malvyandie Haryadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved