Berkenalan Dengan Dewa Jepang Pengambil Keputusan Masuk Neraka yang Mana

Itulah dewa Enmadaiou yang paling ditakutkan dapat dilihat di kuil Nariai di Kyoto.

Berkenalan Dengan Dewa Jepang Pengambil Keputusan Masuk Neraka yang Mana
Richard Susilo
Inilah dewa Enmadaiou, si pengambil keputusan Neraka yang mana untuk manusia di kuil Nariai di Kyoto 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Tokyo

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Wajahnya memang menyeramkan dewa Neraka ini karena dia pengambil keputusan neraka mana yang akan dicemplungkan manusia yang telah meninggal oleh kekuasaannya.

Itulah dewa Enmadaiou yang paling ditakutkan dapat dilihat di kuil Nariai di Kyoto.

"Dewa ini kepercayaan kalangan Jepang sudah lama dan kuil ini pul sudah ada sejak tahun 740," papar seorang pengurus kuil Nariai di Kyoto kepada Tribunnews.com beberapa waktu lalu.

Di dalam kuil tersebut kita bisa melihat sang Dewa Neraka yang menakutkan.

Namun disampingnya juga ada patung Takamura Ono yang bisa disebut sebagai Pengacara Manusia sebelum diputus Enmadaiou masuk ke neraka.

Kalau sang Pengacara Takamura Ono bisa membela manusia tersebut, maka manusia yang telah meninggal tidak masuk neraka.

Kalau pun masuk neraka, maka ada enam pilihan neraka yang akan dilalui manusia tersebut setelah meninggal sesuai karmanya yang dilakukan selama hidup di dunia.

Dewa Enmadaiou akan memutuskan roh manusia itu langsung masuk ke neraka, atau rohnya akan dibantai selamanya di neraka, atau menjadi hantu kelaparan, atau terjadi reinkarnasi menjadi binatang, atau reinkarnasi menjadi manusia kembali, ke surga.

Itulah kepercayaan yang ada di kalangan penganut Shinto kuil tersebut.

Itu sebabnya di kuil tersebut biasanya dilakukan persembahyangan dua kali setahun dimaksudkan untuk mengingatkan manusia kembali bahwa hidupnya masih panjang, dan bahwa setelah meninggal pun masih ada kehidupan setelah meninggal.

Jadi selama kehidupan sebagai manusia harus selalu was-was dan mengabdi kepada Tuhan dengan jalan hidup yang baik supaya tidak sengsara masuk neraka rohnya setelah meninggal dunia.

Menarik sekali kuil ini, mungkin direkomendasikan bagi yang ke kuil besar Kiyomizu mampir pula ke kuil tersebut, di samping juga lokasi kuburan di selatan kuil Kiyomizu yang sangat luas dan menarik pula dikunjungi, meskipun bagi orang Jepang seringkali pula terluka ziarah ke makam keramat tersebut.

Tempat-tempat tersebut dalam bahasa modern kini sering disebut sebagai Power Spot, tempat-tempat khusus (tertentu) yang untuk mendapatkan kekuatan roh dari kekuatan tak terlihat.

Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved