Menteri Susi Ajak Badan Kerja Sama Internasional Jepang Ikut Kembangkan Perikanan

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, merasa senang diterima Presiden badan kerja sama internasional Jepang, Shinichi Kitaoka.

Menteri Susi Ajak Badan Kerja Sama Internasional Jepang Ikut Kembangkan Perikanan
Koresponden Tribunnews/Richard Susilo
Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Susi Pudjiastuti di Tokyo Jepang. 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Tokyo

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia, Dr (HC) Susi Pudjiastuti, merasa senang diterima Presiden JICA (badan kerja sama internasional Jepang), Shinichi Kitaoka, Senin (10/4/2017) siang di kantor JICA Tokyo.

"Kita bicara perikanan karena Jepang negaranya similar dengan Indonesia, banyak pulau-pulau," ungkap Susi Pudjiastuti kepada Tribunnews.com seusai pertemuan tersebut, Senin (10/4/2017).

Susi mengaku tidak bicara kelautan saja, tetapi berusaha mengajak JICA ikut mengembangkan di bidang pertanian infrastruktur dan lainnya.

"Kalau dulu private saja yang cuma beli transaksi bidang perikanan. Tapi kini government juga akan aktif berpartisipasi membangun perikanan dan kelautan kita," kata Susi.

Mengenai dana untuk membeli alat mengantisipasi pembajak di laut, Susi menyatakan telah mendapatkan saat dapat grant dari Wakatobi.

Baca: Anggota Pasukan Bela Diri Laut Jepang Coba Bunuh Diri di Kapal

"Tentu saja kita berharap dapat grant lagi sehingga bisa meningkatkan industri perikanan dan kelautan Indonesia," ujarnya.

"Kunjungan ini sangat baik dalam rangka tindak lanjut pertemuan Presiden Indonesia dengan PM Jepang Shinzo Abe 15 Januari lalu yang menyepakati Indonesia Jepang untuk tingkatkan berbagai sektor termasuk perikanan kelautan sebagai sektor strategis," kata Wakil Dubes Indonesia di Tokyo, Ben Perkasa Drajat.

Hal tersebut juga sesuai memorandum of cooperation antara menteri Luhut Panjaitan dan menlu Jepang Fumio Kishida di bidang kemaritiman.

Halaman
12
Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved