Korea Selatan Siapkan 11.000 Tempat Pengungsian Antisipasi Rudal Korut

Korea Selatan (Korsel) telah siap menghadapi perang Korea lagi apabila Korea Utara menghajarnya dengan rudal.

Korea Selatan Siapkan 11.000 Tempat Pengungsian Antisipasi Rudal Korut
NTV
Tenda tempat pengungsian di sebuah lokasi bawah tanah di Seoul Korea Selatan dan reporter dengan ponsel aplikasi lokasi pengungsian. 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Tokyo

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Korea Selatan (Korsel) telah siap menghadapi perang Korea lagi apabila Korea Utara menghajarnya dengan rudal.

Tempat pengungsian (shelter) di Korsel ada 11.000 lokasi dan khususnya di ibukota Seoul ada 3.300 lokasi.

"Meskipun suasana tegang saat ini, saya melihat kemungkinan perang masih kecil. 50 persen masih berupa uji coba rudal saja, tidak akan melakukan perang karena berbagai kendala baik uang dan sebagainya," kata pengamat Korea Utara, Kou Yonggi, Senin (24/4/2017) yang juga Pemred Daily NK Japan.

Meskipun demikian Korsel negara tetangganya telah siap dengan berbagai kemungkinan perang seperti shelter bawah tanah di berbagai tempat.

Misalnya di sebuah gedung pertokoan, lantai Bawah Tanah B2 sampai dengan B6 selain untuk tempat parkir juga untuk shelter nantinya dengan ukuran sangat luas.

Selain itu navigasi tempat pengungsian juga dapat didownload aplikasinya gratis oleh semua penduduk Korsel sehingga dapat mengetahui lokasi pengungsian di dekatnya dengan segera.

Di toko-toko masker khususnya untuk menghadapi bom gas, kimia, sebuah toko mengakui satu minggu kini bisa menjual 100 masker gas karena warganya sudah mulai menyiapkan diri kapan saja bisa pecah perang.

Sedangkan masker kain putih untuk penutup muka sedikitnya 100.000 masker disediakan gratis oleh pemerintah untuk setiap warganya.

Kou juga mengungkapkan bahwa ada kemungkinan 28 April mendatang akan diluncurkan dua rudal kembali oleh Korut sebagai bagian dari pengujian rudal mereka.

Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved