Doktrin Komunitas Poligami di AS: Seorang Pria Harus Menikahi Setidaknya 3 Wanita Agar Masuk Surga

Faith Bistline tumbuh di lingkungan poligami. Dia melarikan diri pada 2011 dan sekarang dia berbagi ceritanya.

Doktrin Komunitas Poligami di AS: Seorang Pria Harus Menikahi Setidaknya 3 Wanita Agar Masuk Surga
Faith Bistline
Keluarga besar Faith Bistline. 

TRIBUNNEWS.COM, AS - Faith Bistline tumbuh di lingkungan poligami. Dia melarikan diri pada 2011 dan sekarang dia berbagi ceritanya.

Sekitar 140 kilometer sebelah timur laut Grand Canyon, di gurun tandus yang dikelilingi tebing kemerahan dan ngarai yang besar, hiduplah komunitas Short Creek.

Ini adalah markas FLDS (Fundamentalist Church of Jesus Christ of Latter-Day Saints) - sebuah cabang agama Mormon yang terkenal dengan gaya hidup konservatif (tanpa televisi dan internet), pakaian jadul (perempuan dengan busana panjang - prairie dress) dan poligami yang memungkinkan seorang laki-laki bisa menikah dengan banyak istri.

Setelah didera rangkaian skandal, pimpinan religius mereka, Warren Jeffs, kini berada dalam penjara.

Tapi komunitas dan gaya hidupnya masih dipraktikkan sepenuhnya di kota kembar Hildale dan Colorado City persis seperti 100 tahun lalu.

Seperti dilaporkan BBC Future, sejarah panjang poligami dalam komunitas tersebut telah berujung pada masalah genetik yang serius.

Tapi bagaimana rasanya hidup di komunitas poligami semacam Short Creek? BBC Future berbicara dengan Faith Bistline tentang kehidupan lampaunya di wilayah itu dan momen-momen penuh tekanan yang membuatnya memutuskan melarikan diri.

Ceritakan tentang keluarga Anda :

"Saya punya tiga ibu dan 27 saudara. Saya rasa abang tertua saya berusia 42 tahun dan paling muda... berusia empat tahun ketika saya kabur, jadi saya pikir sekarang sudah 10 tahun.

Ayah saya diusir ketika saya berusia 13 tahun dan dia tidak pernah hadir dalam hidup saya sejak itu. Dia datang ketika kakek saya meninggal enam bulan setelah dia pergi, dan dia bahkan tidak mengenali banyak dari kami. Aneh memang."

"Hampir setiap orang dewasa di Colorado City terlibat dalam pernikahan poligini. Mereka percaya bahwa seorang pria harus menikah setidaknya dengan tiga perempuan untuk akhirnya masuk surga. Tapi tidak semua orang punya sebanyak itu. Anda harus dianggap layak, jadi beberapa pria hanya memiliki satu atau dua."

Halaman
1234
Editor: Hasanudin Aco
Sumber: BBC Indonesia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved