Korea Utara Dan Korea Selatan Sepakat Adakan Pertemuan Militer Akhir Bulan Ini

Korea Selatan dan Korea Utara sepakat mengadakan pertemuan militer dan Palang Merah pada akhir bulan ini.

Korea Utara Dan Korea Selatan Sepakat Adakan Pertemuan Militer Akhir Bulan Ini
Korea Summit Press Pool
Presiden Korea Selatan Moon Jae-in dan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un duduk bersama di desa gencatan senjata Panmunjom di dalam zona demiliterisasi yang memisahkan kedua Korea. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Srihandriatmo Malau

TRIBUNNEWS.COM, SEOUL - Korea Selatan dan Korea Utara sepakat mengadakan pertemuan militer dan Palang Merah pada akhir bulan ini.

Pertemuan ini tidak lain bertujuan untuk mengurangi ketegangan dan melanjutkan reuni keluarga yang dipisahkan oleh perang Korea tahun 1950-1953.

Kedua negara Korea sepakat untuk mengadakan pembicaraan militer di Panmunjom pada 16 Juni dan pembicaraan Palang Merah pada 22 Juni di utara Diamond Mountain resort.

Baca: Polisi Malaysia Ringkus 15 Terduga Teroris yang Berencana Menyerang Pada Saat Pemilu

Korea Utara dan Korea Selatan juga sepakat pertemuan pejabat senior di desa perbatasan Panmunjom untuk mendirikan kantor penghubung di kota perbatasan Korea Utara Kaesong.

Kemudian dilanjutkan pembicaraan tentang olahraga untuk beberapa cabang olahraga yang akan diperlombakan pada Asian Games di bulan Agustus mendatang.

Pembicaraan antara pejabat olahraga dijadwalkan pada 18 Juni di Panmunjom.

Baca: Duterte Akan Lakukan Kunjungan Perdana Ke Korea Selatan

Ini semua tidak lain dalam rangka langkah-langkah rekonsiliasi.

Korea Selatan mengatakan membangun kepercayaan dengan Korea Utara sangat penting di tengah dorongan diplomatik yang dipimpin Amerika Serikta (AS).

Pertemuan tingkat tinggi antara kedua negara Korea diikuti pembicaraan di New York antara Menlu AS Mike Pompeo dan utusan senior Korea Utara Kim Yong Chol.

Baca: Myanmar dan PBB Sepakat Kembalikan Ratusan Ribu Etnis Rohingya Ke Rakhine

Selain juga pertemuan puncak antara Presiden Donald Trump dan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un.

Delegasi Amerika juga bertemu dengan utusan Korea Utara di Panmunjom dan di Singapura sebagai bagian dari upaya untuk merencanakan pertemuan puncak dua pimpinan negara, yang direncakan berlangsung 12 Juni di Singapura.

Kementerian penyatuan Korea Selatan mengatakan kedua negara Korea setuju untuk mendirikan kantor penghubung di sebuah taman di Kaesong.

Sebelumnya Presiden Korea Selatan Moon Jae-in, telah bertemu dengan Kim Jong Un dua kali dalam dua bulan ini. (AP/USA TODAY)

Penulis: Srihandriatmo Malau
Editor: Adi Suhendi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved