Awas, Hampir 1000 Domain Terkait Olimpiade Jepang Menyesatkan

Bahkan sudah muncul email penipuan yang menuliskan "anda berhasil menang" memperoleh tiket pembukaan Olimpiade 2020.

Awas, Hampir 1000 Domain Terkait Olimpiade Jepang Menyesatkan
Istimewa
Situs Resmi Olimpiade 2020 Tokyo Jepang dengan alamat www.tokyo2020.org 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Telah ditemukan hampir 1000 domain yang menyesatkan terkait Olimpiade Tokyo Jepang 2020 mendatang.

Bahkan sudah muncul email penipuan yang menuliskan "anda berhasil menang" memperoleh tiket pembukaan Olimpiade 2020.

"Syukurlah banyak yang berminat beli tiket tontonan Olimpiade 2020 tahun depan. Namun di lain pihak harus hati-hati karena mulai muncul email penipuan upaya menipu masyakat terkait Olimpiade dengan berbagai cara terutama email penipuan," papar Masatoshi Takatani, juru bicara Komite Penyelenggara Olimpiade 2020 Kamis ini (30/5/2019).

Sumber Tribunnews.com di kepolisian Jepang juga mengakui mulai muncul penipuan saat ini terhadap beberapa anggota masyarakat lewat pengiriman email yang menyebut calon korbannya berhasil memperoleh undian menang tiket pembukaan Olimpiade 2020 (dalam bahasa Jepang).

Baca: Chelsea Musim Depan Kemungkina Besar Tanpa Eden Hazard yang Bakal Berlabuh di Real Madrid

"Kalau mau periksa, jangan di klik sebaiknya, tempelkan browser pada link tersbeut, akan kelihatan nama domainnya lain tidak resmi, domain penyesatan dan penipuan itu," papar sumber tersbeut.

Domain atau alamat internet yang dipakai pihak penyelenggara Olimpiade 2020 hanyalah www.tokyo2020.org saja, tidak ada domain atau alamat internet yang lain.

"Jadi kalau ada muncul alamat domain lain atau bukan dengan nama TOKYO2020.ORG maka itu email penipuan, palsu dan menyesatkan langsung di delete saja, karena kalau di klik juga URL tersbeut, kemungkinan disisipkan program khusus untuk pengintipan data yang ada di dalam komputer atau ponsel kita."

Jadi hati-hati sekali mulai saat ini apabila kita menerima informasi dari pihak yang tak dikenal terkait Olimpiade 2020 mendatang, tekannya lagi.

Bulan Juni mendatang panitia akan mengumumkan siapa pemenang undian yang bisa membeli tiket Olimpiade 2020 karena mendaftar di internet sejak April 2019 lalu.

Namun tahun depan, tiket akan dijual di berbagai toko yang ditunjuk oleh panitia.

Itu pun jangan sampai beli tiket di tempat lain karena keaslian tidak dapat dijamin.

"Belilah hanya di toko resmi yang telah ditunjuk oleh panitia dan akan diumumkan resmi di situs panitia Olimpiade 2020 tahun depan," tekannya kembali.

Editor: Malvyandie Haryadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved