Lebaran 2019

WNI di Chiba Jepang Rayakan Idul Fitri Bersama Warga Asing Lain dan Penduduk Lokal

Warga Indonesia yang berada di Chiba Jepang berkumpul dalam kemeriahan perayaan Idul Fitri minggu lalu.

WNI di Chiba Jepang Rayakan Idul Fitri Bersama Warga Asing Lain dan Penduduk Lokal
Istimewa
Warga WNI berkumpul merayakan Idul Fitri di Chiba Jepang dengan permainan cerdas cermat seputar pengetahuan Islam khusus anak-anak dalam bahasa pengantar Jepang, Inggris dan Indonesia. 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo di Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Warga Indonesia yang berada di Chiba Jepang berkumpul dalam kemeriahan perayaan Idul Fitri minggu lalu.

"Harapan terbesar kami dengan semaraknya kegiatan sosial CICC (Chiba Islamic Cultural Center) seperti Eid Ul Fitr Party ini adalah menunjukkan semakin diterimanya komunitas muslim dengan baik oleh warga Jepang sekitar Kota Chiba," kata Director Multimedia (Public Relations) CICC, Marlin R Baidillah, Ph.D, warga Indonesia yang sudah lama bermukim di Chiba kepada Tribunnews.com, Selasa (11/6/2019).

CICC (Chiba Islamic Cultural Center) sebagai wadah persatuan dari jamaah muslim di Kota Chiba perfecture Chiba - Jepang, secara kontinyu menyelenggarakan berbagai aktivitas sosial salah satunya halal bihalal Idul Fitri atau Eid Ul Fitr Party semenjak tahun 2011.

"Eid Ul Fitr Party tidak hanya menjadi ajang silaturahmi antara sesama muslim, namun juga kami mengundang dari berbagai warga lokal Jepang non-muslim. Keberadaan CICC saat ini sudah dapat diterima dengan baik oleh berbagai komunitas agama lain di Kota Chiba. Dalam berbagai kesempatan, komunitas agama lain pun sudah sering diundang dan hadir dalam kegiatan sosial CICC," kata dia.

Saat ini, CICC berupaya bisa membantu bagi warga muslim asing untuk dapat tinggal dengan nyaman tanpa khawatir dengan berbagai keperluan ibadah sehari-hari.

"Ke depan, CICC berupaya menjada wadah dialog antar warga nonmuslim dengan cara pertukaran informasi budaya dari masing-masing warga negara asing mayoritas muslim yang bermukim di Kota Chiba," ujarnya.

Baca: Masih Ada Satu Tersangka Lagi yang Dikejar Polisi Terkait Rusuh 21-22 Mei

Bertempat di dekat Stasiun Nishi Chiba, komunitas muslim se-Kota Chiba yang tergabung dalam CICC merayakan bersama dan bergembira menyambut Idul Fitri.

Sekitar ratusan muslim dari Bangladesh, Pakistan, Malaysia, Turki, Uigur dan tentu saja dari Indonesia berbaur dan berbagi cerita.

Suasana lebaran lintas negara memang memberi kesan tersendiri bagi sebagian besar masyarakat Indonesia yang ada di Chiba.

Halaman
12
Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved