Tiongkok dan ASEAN

Sambut CAEXPO 2019, Ini 5 Gebrakan Baru yang Akan Perkuat Hubungan Tiongkok-ASEAN

Mulusnya relasi dagang dan ekonomi Tiongkok-ASEAN telah menjadi rahasia umum. Kerja sama antarpihak telah berkembang pesat dan membuahkan keuntungan.

Sambut CAEXPO 2019, Ini 5 Gebrakan Baru yang Akan Perkuat Hubungan Tiongkok-ASEAN
dok. CAEXPO 2019
Konferensi pers sambut China-ASEAN Expo (CAEXPO) 2019 ke-16 dan China-ASEAN Business Investment Summit (CABIS) 2019 ke-16. 

Kantor Informasi Dewan Negara (SCIO) Tiongkok menggelar konferensi pers menyambut datangnya China-ASEAN Expo (CAEXPO) 2019 ke-16 dan China-ASEAN Business Investment Summit (CABIS) 2019 ke-16.

Sebelumnya diberitakan bahwa indonesia terpilih sebagai country of honour dalam CAEXPO ke-16 yang akan digelar di Nanning, Tiongkok, pada 20-23 September 2019.

Dihadiri oleh H.E Li Chenggang, Asisten Menteri Perdagangan Tiongkok, H.E Lu Pengqi, Wakil Ketua Dewan Tiongkok untuk Promosi dan Perdagangan Internasional, dan H.E Yang Jinbai, Wakil Gubernur Daerah Guangxi Zuang, beberapa hal disoroti terkait kerja sama dagang Tiongkok-ASEAN dalam beberapa tahun terakhir, lima fitur baru dalam CAEXPO ke-16, dan progres persiapan acara CAEXPO dan CABIS 2019 ini.

Kerja sama dagang dan ekonomi Tiongkok-ASEAN: membaik dari tahun ke tahun

Mulusnya relasi dagang dan ekonomi Tiongkok-ASEAN telah menjadi rahasia umum. Kerja sama antarpihak telah berkembang pesat dan membuahkan keuntungan.

Asisten Menteri Perdagangan Tiongkok, Li Chenggang, memperkuat pernyataan di atas dengan menjabarkan fakta lapangan. “Tiongkok telah menjadi mitra perdagangan terbesar untuk ASEAN dalam sepuluh tahun terakhir, begitu pun ASEAN yang telah menjadi mitra perdagangan terbesar kedua bagi Tiongkok,” ujar Li Chenggang.

Ia menjabarkan bahwa dari Januari hingga Juni tahun ini, volume perdagangan antara Tiongkok dan ASEAN tercatat sejumlah US$ 291,85 miliar, lebih tinggi 4,2 persen dari tahun sebelumnya.

Selain itu, kerja sama investasi Tiongkok-ASEAN berjalan baik. Pada akhir 2018, investasi kumulatif dua arah antar Tiongkok dan negara-negara ASEAN  merangkak naik ke angka US$ 205,71 miliar.

Dengan kata lain, dalam 15 tahun terakhir capaian keuntungan tersebut naik 22 kali lipat. Inilah mengapa ASEAN menjadi wilayah prioritas untuk ladang berinvestasi perusahaan-perusahaan Tiongkok.

Lebih jauh lagi, Gubernur Guagxi Yang Jinbai menyatakan bahwa penyelenggaraan CAEXPO dan CABIS 2019 akan meningkatkan hubungan kerja sama Tiongkok-ASEAN untuk tahun-tahun mendatang.

Halaman
123
Editor: Content Writer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved