Breaking News:

Kisah Tragis Alan Turing, Si Jenius yang Bunuh Diri Usai Dikebiri Paksa Karena Kelainan Seksual

Pernah jadi korban hukum kebiri kimia karena tuduhan kelainan seksual, Alan Turing diduga bunuh diri gara-gara depresi.

Kolase Tribunnews: wikipedia/endgadget
Alan Turing, Pemecah Kode Rahasia Perang Dunia II yang Dikebiri Kimia karena Kelainan Seksual, Kisahnya Diangkat dalam Sebuah Film Berjudul "Imitation Game" yang Diperankan oleh Benedict Cumberbatch 

TRIBUNNEWS.COM - Bagi para pecinta film, pasti tidak asing dengan film berjudul 'Imitation Game' yang dibintangi oleh Benedict Cumberbatch sebagai pemeran utama.

Lolos di pasaran dengan rating sekitar 89% dan keuntungan bersih sekitar Rp 3,3 triliun, film Imitation Game ini rupanya diangkat dari kisah nyata seorang pria jenius di masa perang dunia kedua.

Adalah kisah Alan Turing, si pria jenius yang berakhir tragis bunuh diri usai menjalani hukum kebiri kimia atas dugaan kelainan seksual.

Ya, rupanya masih banyak orang di dunia ini yang tidak tahu siapa itu Alan Turing.

Dilansir dari laman Biography, Alan Turing adalah ahli matematika asal Inggris yang berhasil memecahkan kode rahasia radio komunikasi Nazi pada masa perang dunia II kedalam kode enkripsi matematika.

Melalui perhitungan algoritma dan serangkaian operasi logika angka biner, Alan Turing berhasil memecahkan kode rahasia komunikasi Nazi yang pada masa itu disebut kode Enigma.

Atas jasanya Alan Turing memecahkan kode Enigma, pihak sekutu berhasil mengetahui berbagai strategi musuh selama perang dunia kedua dan menyelamatkan banyak warga sipil.

Tak hanya itu, Alan Turing juga berhasil menciptakan model komputer modern pertama yang dapat diprogram sesuai kebutuhan.

BACA SELANJUTNYA

Penulis: Grid Network
Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved