Sistem 5G Akan Dimulai Tokyo Jepang Paling Cepat Pada Saat Dimulainya Olimpiade 2020

Dengan sistim 5G ini kita berharap pelayanan masyarakat di masa depan akan jauh lebih mudah dan lebih baik lagi

Sistem 5G Akan Dimulai Tokyo Jepang Paling Cepat Pada Saat Dimulainya Olimpiade 2020
Richard Susilo
Gubernur Tokyo Yuriko Koike (kiri) dan mantan CEO Yahoo Japan, Manabu Miyasaka (kanan) 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Sistim internet 5G direncanakan paling cepat akan dipakai Jepang mulai penyelenggaraan Olimpiade 2020 yang akan dibuka pada tanggal 24 Juli 2020 mendatang.

“Dengan sistim 5G ini kita berharap pelayanan masyarakat di masa depan akan jauh lebih mudah dan lebih baik lagi,” ungkap Gubernur Tokyo Yuriko Koike sore ini (29/8/2019).

Namun kepada Tribunnews.com, Gubernur Koike masih belum mau mengungkapkan nilai anggaran proyek 5G Pemda Tokyo tersebut.

“Kami belum bisa mengungkapkan anggaran tersebut,” paparnya tegas.

Demikian pula partisipasi pihak luar Jepang apakah dapat diikutsertakan ke dalam proyek tersebut, tidak dapat diungkapkan nya lebih lanjut karena masih harus di bicara kan dengan pihak parlemen Pemda Tokyo lebih lanjut.

Dengan sistim 5G ini banyak yang bisa dilakukan pemerintah terhadap masyarakat Jepang misalnya di bidang pendidikan bisa pengajaran jarak jauh melalui internet dengan jauh lebih baik.

“Demikian pula komunikasi pasien dengan dokter jatah jauh akan dapat dikakukan dengan lebih baik sehingga penganalisaan penyakit dapat lebih detil lagi terhadap pasien,” tambahnya.

Proyek sistim 5G ini diperkirakan akan membawa banyak dampak dan dari segi perekonomian diperkirakan bisa meningkatk sekitar 47 triliun yen di masa mendatang .

Sebagai perbandingan, dampak penyelenggaraan Olimpiade 2020 bagi perekonomian Jepang bisa meningkat sekitar 32 triliun yen.

Peningkatan perekonomian Jepang terutama Tokyo sebagai dampak penggunaan sistim 5G antara lain di bidang transportasi dan logistik bisa menyumbangkan 21 triliun ten.

Di bidang efisiensi kerja bisa meningkatkan perekonomian senilai 13 triliun yen dan di bidang pengobatan (medis) dan pelayanan masa panjang meningkatkan perekonomian sekitar 6 triliun yen.

Mantan CEO Yahoo Japan, Manabu Miyasaka yang juga Penasehat IT pemda Tokyo jug amengungkapkan pentingnya sistim 5G dalam waktu dekat di Jepang karena saat ini China, Eropa dan Amerika telah jauh lebih dulu memulai sistim tersebut ketimbang Jepang yang dianggapnya sudah ketinggalan.

Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved