Deutsche Welle

Protes Sikap Jerman Terhadap Aktivis Prodemokrasi Hong Kong, Cina Panggil Dubes Jerman

Cina memprotes langkah Menteri Luar Negeri Jerman Heiko Maas yang menemui aktivis Hong Kong, Joshua Wong. Beijing mengatakan tindakan…

Duta Besar Cina untuk Jerman, Wu Ken, mengatakan pada Rabu (11/09) bahwa pertemuan yang berlangsung baru-baru ini antara Menlu Heiko Maas dan aktivis Joshua Wong telah mengirimkan "sinyal yang sangat negatif."

Wu Ken mengonfirmasi bahwa pihaknya telah secara resmi memanggil Duta Besar Jerman untuk Cina sebagai langkah protes. Pemanggilan ini juga telah dikonfirmasi oleh Kementrian Luar Negeri Jerman.

"Yang terjadi sekarang, sayangnya saya harus mengatakan, akan membawa konsekuensi negatif terhadap hubungan bilateral dan Cina harus bereaksi," ujar Wu.

Cina adalah salah satu mitra bisnis penting bagi Jerman dengan nilai perdagangan mencapai hampir 100 billion Euro (sekitar Rp 1,5 kuadriliun) pada semester pertama 2019. Banyak perusahaan Jerman telah terkena imbas negatif dari perang dagang antara Cina dan Amerika Serikat.

Politisi asing diperingatkan tidak ikut campur

Wu mengatakan sejumlah kekuatan asing telah terlibat dalam protes yang sedang berlangsung di Hong Kong dan menegaskan kembali seruannya agar politisi asing mundur.

Ia mengatakan: "Kedaulatan dan keamanan Cina harus dihormati. Karena itu saya menyarankan para politisi agar tidak menutupi kejahatan kekerasan dan tidak ikut campur dengan urusan internal Hong Kong dan Cina."

Wu mengatakan kepada wartawan bahwa Beijing telah berulang kali meminta Berlin untuk menolak masuknya Wong ke Jerman.

Duta Besar juga menyuarakan kepercayaan Beijing terhadap pemerintah Hong Kong untuk melaksanakan tugasnya.

'Hong Kong adalah Berlin baru'

Ketika berada di Berlin, Joshua Wong mengatakan kepada wartawan, "Hong Kong adalah Berlin baru dalam Perang Dingin baru," mengatakan itu satu-satunya hal yang berdiri di antara Hong Kong dan dunia yang bebas adalah otoritarianisme Cina.

Wong juga memohon politisi Jerman untuk berhenti mengekspor peralatan kepolisian ke Hong Kong dan secara terbuka mengutuk kekerasan yang dilakukan polisi terhadap pengunjuk rasa.

Halaman
12
Sumber: Deutsche Welle
Ikuti kami di

BERITA REKOMENDASI

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved