Mau Lihat Fisherman's Wharf San Francisco di Jepang, Datanglah ke Onagawa

Onagawa terpukul tsunami sehingga 827 orang meninggal dunia termasuk 9 orang Jepang keturunan Korea. Itulah kota Onagawa di perfektur Miyagi.

Mau Lihat Fisherman's Wharf San Francisco di Jepang, Datanglah ke Onagawa
Richard Susilo
Walikota Onagawa perfektur Miyagi, Yoshiaki Suda 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO -  Kota ini hancur dipukul gempa bumi magnitude 9 tanggal 11 Maret 2011 beserta tsunami setinggi kurang lebih 18,5 meter, namun kini kota Onagawa di Perfektur Miyagi cantik sekali mirip dengan Fisherman's Wharf di San Francisco, AS.

"Saya kaget sekali setelah ke sini melihat kota yang sangat cantik ini dekat gunung dekat laut dan jalanan kotanya menanjak menuju stasiun kereta api dari daerah pinggiran laut mengingatkan Fisherman's Wharf di San Francisco sangat mirip sekali," papar David seorang Warga AS yang ditemui Tribunnews.com saat jalan-jalan ke kota tersebut kemarin (15/9/2019) bersama keluarganya.

Onagawa terpukul tsunami sehingga 827 orang meninggal dunia termasuk 9 orang Jepang keturunan Korea. Itulah kota Onagawa di perfektur Miyagi.

"Syukurlah setelah 8 tahun kami sudah bangkit lagi kini dan sudah selesai semuanya, termasuk para korban sudah kembali ke rumah tinggal masing-masing yang mendapat bantuan dari pemerintah," ungkap Walikota Onagawa perfektur Miyagi, Yoshiaki Suda kemarin (15/9/2019) khusus kepada Tribunnews.com.

Biaya pembangunan keseluruhan kota Onagawa setelah dihancurkan Tsunami mencapai sedikitnya 250 miliar yen.

"Kita berusaha bangkit kembali saat ini telah kejadian 8 tahun lalu dan bnerbagai kegiatan di daerah sini berhasil membuat keramaian kota ini yang jumlah penduduknya saat ini hanya sekitar 6000 orang, sebagian tidak kembali ke Onagawa setelah kejadian tersebut.”

Tribunnews.com yang melihat-kita kota tersebut kemarin, memang tampak kota sangat cantik sekali, dekat dengan laut dan dekat dengan gunung.

"Tanah di sini terutama sekitar kantor walikota dinaikkan sekitar 5 meter sebagai salah stau upaya mengantisipasi apabila ada tsunami lagi datang ke sini."

Itulah sebabnya dari pantai ke atas, ke kantor walikota yang berdampingan dengan stasiun kereta api Onagawa, jalanan menanjak dan ditata dengan sangat cantik oleh arsitektur lokal dalam negeri Jepang, menjadi kan kota tersebut justru menjadi sangat cantik dan romantis dengan tatanan paduan modern dan ala Jepang di kanan kiri jalanan menuju stasiun kereta api Onagawa.

Apabila malam tiba, desain dan penempatan lampu jalanan dan taman juga indah, membuat pasangan muda mungkin akan semakin mesra kalau berada di kota yang memang sudah bangkit dan cantik serta romantis tersebut.

Meskipun demikian satu  ornamen bekas dampak pukulan tsunami masih tetap apa adanya di sana, untuk dijadikan kenangan bagi semua orang yang datang ke Onagawa. Lainnya sudah rata dengan tanah dan sudah dibangun kembali dengan gaya arsitektur indah antara barat dan Jepang.

Perjalanan hanya 90 menit dari stasiun Sendai menuju Onagawa dengan memakai kereta Senseki Tohoku Line serta Isenomaki Line.

 Sangat direkomendasikan bagi para pasangan muda untuk jalan-jalan ke Onagawa setelah kota ini  bangkit dari pukulan tsunami 8 tahun lalu.

Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved