Rifu, Stadion Olahraga Terbesar di Miyagi Jepang Tapi Tetap Jadi Sub-stadion

Stadion diselesaikan tahun 2000 dan selama ini banyak dipakai untuk berbagai kegiatan pertunjukan musik terkenal Jepang seperti kelompok Arashi, Nogis

Rifu, Stadion Olahraga Terbesar di Miyagi Jepang Tapi Tetap Jadi Sub-stadion
Richard Susilo
Stadion Grande 21, stadion olahraga terbesar di perfektur Miyagi Jepang dengan kapasitas 49.000 penonton dalam perbaikan menyambut Kejuaraan Dunia Rugby dan Olimpiade 2020. Foto dari lantai 6 stadion tersebut. 

 Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Stadion olahraga terbesar di perfektur Miyagi adalah Grande 21 dengan kapasitas 49.000 penonton. namun sampai kini tetap dianggap sub-stadiun dari stadion Sendai di Miyagi Jepang.

"Stadion ini memiliki 400 meter track dengan 9 jalur bagi pelari," papar Fumitsugu Komatsu Kepala perencanaan bisnis stadion tersebut kepada Tribunnews.com Sabtu lalu (14/9/2019).

Stadion diselesaikan tahun 2000 dan selama ini banyak dipakai untuk berbagai kegiatan pertunjukan musik terkenal Jepang seperti kelompok Arashi, Nogisaka 48, Glay, Southern All Stars, Exile dan sebagainya.

Usaha kerja keras pemda Rifu bisa diacungi jempol karena dibangun dengan kerjasama semua orang dan tak ada bantuan dari pemerintah pusat Jepang untuk pembangunan stadion tersebut.

"Ini milik 100% pemda Rifu dibangun oleh kerjasama semua pihak di Rifu. Lalu pengelolaannya ditunjuk perusahaan swasta," papar Komatsu lagi.

Yoshiaki Suda, walikota  Onagawa  perfektur Miyagi Prefecture, tetangganya Rifu sempat mengungkapkan, "Kita tidak terima bantuan subsidi dari pemerintah pusat untuk pembangunan infrastruktur Olimpiade di perfektur ini. Semua harus bangun oleh kita sendiri."

Sebuah kelompok yang umumnya dari luar Jepang menjuluki namanya sebagai "Han-gorin no Kai" —  antau kelompok anti Olimpiade mengritik keras anggaran pemerintah Jepang yang banyak disalurkan buat olimpiade padahal masalah bantuan perumahan dan lingkungan hidup setempat khususnya bagi para korban bencana alam masih banyak yang harus dibantu.

Tokyo mengeluarkan sekitar 7.5 miliar dolar AS untuk penyiapan Olimpiade tahun 2013. Kini sekitar 20 miliar dolar AS anggaran dipakai untuk penyelenggaraan Olimpiade 2020 mendatang.

Stadion Grande 21 memiliki bangunan enam lantai yang terdiri dari ruangan untuk VIP, ruangan wawancara, ruangan latihan (training), ruangan loker tempat penyimpanan barang, kantin, kantor, serta bahkan bukan hanya tanah lapang untuk lari serta sepakbola, juga ada kolam renang dan lapangan tenis, serta tempat bersantai di sana.

Meskipun demikian untuk mencapai stadion tersebut dengan perjalanan dari stasiun Rifu menuju stadiun tersebut berjarak 40 menit berjalan kaki."Kita akan buat alur stasiun ke stadiun ini menjadi sangat menarik dengan berbagai macam toko, mungkin museum, ada power spot menarik dan sebagainya," kata Walikota Rifu, Yutaka Kumagai kepada Tribunnews.com hari Sabtu lalu (14/9/2019).

Perjalanan dari stasiun Sendai hanya 30 menit pakai kereta api ke stasiun Rifu.

Miyagi juga aktif dengan Tour de Tohoku untuk rally Gowesnya yang dilakukan ke tujuh kemarin Minggu (15/9/2019). Kegiatan tersebut dapat dilihat di :  https://youtu.be/xYNFEQ3Yyx8

Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved