85 Toilet Umum Pemda Toshimaku Jepang Didesain Ulang dengan Karya Seni

Sebanyak 85 dari 133 toilet umum milik Pemda Toshimaku Jepang didesain ulang dengan karya seni agar semakin akrab bagi anak-anak dan wanita.

85 Toilet Umum Pemda Toshimaku Jepang Didesain Ulang dengan Karya Seni
Koresponden Tribunnews.com/Richard Susilo
Toilet seni diarahkan ke anak-anak dan wanita di Toshimaku Jepang dengan artis Yasumichi Inoue. 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Sebanyak 85 dari 133 toilet umum milik Pemda Toshimaku Jepang didesain ulang dengan karya seni agar semakin akrab bagi anak-anak dan wanita.

"Saat ini memang masih 85 toilet umum yang didesain ulang agar semakin cerah yang akrab lingkungan terutama bagi anak-anak dan wanita," kata Miki Shimizu, seorang pejabat pemda Toshimaku kepada Tribunnews.com, Kamis (10/10/2019).

Khusus untuk toilet seni (Art Toilet) yang ada di taman Minami Nagasaki Toshimaku didesain oleh Yasumichi Inoue yang sudah berkarya sejak sekitar 20 tahun lalu.

"Saya juga tinggal di sekitar sini dan desain yang dibuat mencerminkan suasana yang ada di sini," ungkap Inoue kepada Tribunnews.com.

Menurutnya, desain yang dibuat hanya bagian luar toilet saja, sementara bagian dalamnya tidak dicat.

Baca: Istri Peltu YNS Diperiksa Polresta Sidoarjo Terkait Kasus Dugaan Fitnah Penusukan Wiranto

Baca: Keluarga Tak Tahu Fitri-Abu Rara Sudah Menikah, KUA Larangan Juga Tidak Mencatat Data Pasangan Itu

Suasana gambar toilet yang bisa digunakan pria dan wanita itu juga dilengkapi dengan kelengkapan bagi kaum difabel dan juga meja di dalam toilet untuk ibu yang ingin menggantikan popok bayinya.

Dengan desain yang menarik berupa anak-anak di dalam gerobak yang didorong gurunya, bercampur dengan sepasang lansia serta suasana orang bersepeda di sekitarnya.

Toilet Seni di Jepang
Toilet seni diarahkan ke anak-anak dan wanita di Toshimaku Jepang dengan artis Yasumichi Inoue.

"Setiap hari kami rawat, diganti dan dilengkapi fasilitas ini misalnya tissue selalu diisi dengan baik ke dalam toilet ini," tambah Shimizu.

Upaya memberikan kecerahan yang lebih baik dan mudah dimanfaatkan masyarakat Toshimaku menjadi salah satu target proyek penyegaran pemda tersebut sesuai arahan wali kota yang ingin pula menekankan pentingnya wanita ke dalam pemerintahannya.

Halaman
12
Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved