Kasus Novel Baswedan

Tanggapi Tudingan Rekayasa, Novel Baswedan: Saya Tidak Risau, Itu Orang Awam

Baru-baru ini muncul tudingan rekayasa terkait peristiwa penyiraman air keras terhadap penyidik senior KPK, Novel Baswedan. Bagaimana…

Beberapa waktu terakhir ini ramai diberitakan tudingan rekayasa kasus penyiraman air keras terhdaap penyidik senior KPK, Novel Baswedan. Hal ini dikarenakan munculnya sebuah video dimana Novel Baswedan diberitakan bahwa matanya dalam kondisi baik-baik saja.

Sebelumnya pada Senin (04/11), Kapolri Jenderal Idham Azis telah sambangi KPK dan menyampaikan komitmennya kepada para pemimpin KPK untuk segera mengungkap kasus penyiraman air keras terhadap penyidik Novel Baswedan. Selain itu diketahui Presiden Joko Widodo kembali memberikan tenggat waktu kepada tim teknis Lapangan Polri hingga awal Desember untuk mengungkap kasus tersebut.

Lantas bagaimana reaksi Novel soal tuduhan rekayasa kasus penyiraman air keras yang tengah menjadi perbincangan hangat? Bagaimana kabar terkini Novel Baswedan sejak tragedi 11 April 2017 silam? Dan apa tangapan Novel terkait tambahan tenggat waktu ini?  Simak wawancara eksklusif DW Indonesia dengan penyidik senior KPK Novel Baswedan, Rabu (06/11).

Deutsche Welle: Bagaimana perkembangan kondisi mata Anda saat ini?

Novel Baswedan

: Jadi gini, empat bulan yang lalu mata kiri saya itu tiba-tiba blank, gak lihat. Itu tentunya sesuatu hal yang luar biasa bagi saya karena tumpuan penglihatan saya itu mata kiri sebenarnya. Orang mengira mata kanan saya yang terlihat seperti normal ini jadi penglihatan biasa, padahal mata kanan saya kurang bisa lihat. Jadi mata kiri saya yang habis dioperasi OOKP itu yang jadi tumpuan lihat blank tiba-tiba empat bulan lalu. Makanya saya bolak-balik Singapura. Dan ternyata setelah beberapa lama sudah semakin baik lah untuk mata kiri. Terus blank lagi beberapa kali, ini yang sudah ketiga kali. Masalah itu sudah diperiksa dokter dengan lebih intens. Intinya permasalahan mata kiri karena ada pendarahan di balik lensa. Pendarahan itu yang dikontrol untuk dilihat agar tidak menjadi resiko-resiko lainnya. Tapi sekarang sudah semakin baik sih yang kiri.

Jadi saya hari ini di Singapura ada beberapa hal, yang pertama harusnya enam bulan sekali saya diperiksa oleh dokter retina dan dokter glaukoma. Itu dilakukan kemarin, sudah selesai. Dan hari ini siang, saya diperiksa sama dokter ahli kornea yang dokter utama yang periksa saya terkait dengan permasalhan mata kiri. Seperti itu.

Sejauh ini bagaimana langkah hukum yang telah Anda lakukan akan kasus ini?

Memang kawan-kawan membawa itu ke HAM internasional dari Amnetsy, dari beberapa kawan-kawan lain, bahkan beberapa kali utusan dari HAM internasional telah bicara, dan kawan-kawan sudah menyampaikan hasil investigasinya.

Baca juga: Kasus Novel Baswedan Dibahas di Kongres Amerika Serikat, Banyak Pihak Beri Komentar

Sekarang ramai diberitakan bahwa kasus penyiraman air keras terhadap Anda merupakan rekayasa, tanggapan Anda?

Halaman
12
Sumber: Deutsche Welle
Ikuti kami di

BERITA REKOMENDASI

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved