Investasi Asing ke Jepang 30,7 Triliun Yen Lima Tahun Berturut-turut Tertinggi

Perselisihan perdagangan antara China dan Amerika menurutnya tak ada kaitan dengan semakin meningkatnya investasi perdagangan asing ke Jepang.

Investasi Asing ke Jepang 30,7 Triliun Yen Lima Tahun Berturut-turut Tertinggi
Richard Susilo
Nobuhiko Sasaki, Chairman dan CEO badan perdagangan luar negeri Jepang (Jetro) 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Investasi perusahaan asing ke Jepang saat ini 30,7 triliun yen yang berarti lima tahun berturut- turut meningkat dan saat ini dengan nilai tertinggi.

"Kepercayaan asing cukup besar saat ini untuk berinvestasi di Jepang," papar Nobuhiko Sasaki, Chairman dan CEO badan perdagangan luar negeri Jepang (Jetro) dalam jumpa persnya sore ini (27/11/2019).

Perselisihan perdagangan antara China dan Amerika menurutnya tak ada kaitan dengan semakin meningkatnya investasi perdagangan asing ke Jepang.

"Hukum yang dapat dipercaya, situasi lingkungan dan kelengkapan serta kemudahan usaha di Jepang membuat mereka percaya untuk investasi ke Jepang yang punya daya tarik tinggi untuk berbisnis."

Meskipun demikian daftar survei investasi yang dilakukan Jetro tidak mencantumkan adanya perusahaan Indonesia yang berinvestasi ke Jepang.

Dari Asia hanya ada perusahaan asing yang berasal dari China, Korea, Singapura, Vietnam, India, Taiwan, HongKong dan dan Malaysia.

"Mungkin kita perlu cek lebih lanjut ke berbagai sumber termasuk kadin Jepang untuk masa mendatang," ungkap Matsubara staf Sasaki yang terlibat dala hal survei tersebut khusus kepada Tribunnews.com.

Jumlah investasi asing yang ada di Jepang saat ini tercatat 241 perusahaan asing dan yang paling banyak dari Asia 43%, lalu dari Eropa 33% dan dari Amerika Serikat 20%.

Sasaki menyatakan akan terus berupaya meningkatkan investasi asing ke dalam Jepang di masa mendatang di tengah friksi perdagangan dua negara besar tersbeut.

Namun diakuinya pula kekurangan tenaga kerja menjadi salah satu hambatan berbisnis di Jepang saat ini di tengah jumlah populasi yang jauh terus menurun.

Meskipun investasi asing ke Jepang bernilai 30 triliun yen lebih, namun kalau dibandingkan dengan GDP atau produk domestik kotor negara Jepang, maka jumlahnya masih kecil.

"Data kami tahun 2012 jumlahnya masih kecil sekali investasi asing ke Jepang. kami di peringkat ke-28 dibandingkan negara lain di dunia," tekan Sasaki lebih lanjut.

Oleh karena itulah upaya untuk kerjasama dengan pihak pemda lokal di Jepang akan semakin ditingkatkan pula guna penyebaran masuknya investasi asing ke berbagai tempat dengan lebih baik lagi.

Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved