Pasukan Anjing Pelacak Jepang Periksa Penumpang Kereta Termasuk Shinkansen Bagi Pengamanan Olimpiade

Anjing pelacak antara lain Labrador Retriever, berpatroli bersama para petugas keamanan Rabu ini ke semua lokasi yang ada di dalam stasiun Tokyo.

Pasukan Anjing Pelacak Jepang Periksa Penumpang Kereta Termasuk Shinkansen Bagi Pengamanan Olimpiade
NHK
Pasukan khusus anjing menjejaki para pengguna stasiun Tokyo Rabu ini (4/12/2019). 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Tinggal 26 hari lagi memasuki tahun Olimpiade 2020 di Tokyo dan pengawasan serta pengamatan kepada masyarakat dari otoritas Jepang semakin ketat saat ini.

Sebuah percobaan dilakukan di Stasiun JR Tokyo, Rabu ini (4/12/2019) di mana seekor anjing pendeteksi yang dapat mengendus bahan peledak, dan sebagainya dioperasionalkan di tengah banyak penumpang yang lalu lalang berkeliaran di dalam stasiun Tokyo.

“Kami melihat jumlah orang asing akan jauh semakin meningkat mendekati Olimpiade tahun depan, dan kami pikir perlu untuk meningkatkan keselamatan, keamanan dan kenyamanan penumpang di mana pun di Jepang," ungkap Hidenobu Nomoto, kepala departemen manajemen krisis dari Biro Kereta Api Kementerian Pertanahan, Infrastruktur, Transportasi dan Pariwisata Jepang Rabu ini.

Anjing pelacak antara lain Labrador Retriever, berpatroli bersama para petugas keamanan Rabu ini ke semua lokasi yang ada di dalam stasiun Tokyo.

Pihak kementerian bersama pihak JR East, dan lainnya mencoba memperkuat tindakan pencegahan terhadap terorisme di jalur kereta api selama Olimpiade Tokyo.

Percobaan dilakukan juga di stasiun transfer untuk Shinkansen di Stasiun Tokyo, dan Labrador Retriever bersama dua anjing pendeteksi Beagle bertugas berpatroli di sekitar stasiun.

Ketika seekor anjing detektif mendeteksi benda berbahaya seperti bahan peledak, maka anjing akan mengikuti pengguna yang memiliki barang bawaan mencurigakan tersebut dan menginformasikan keabnormalan kepada petugasnya.

"Kami juga sedang memeriksa apakah itu akan mengganggu lalu lintas di dalam stasiun."

Kementerian Pertanahan, Infrastruktur, Transportasi dan Pariwisata berencana untuk memperkuat langkah-langkah melawan terorisme kereta api selama Olimpiade Tokyo tahun depan, dan dalam percobaan demonstrasi ini, setelah menganalisis ras yang cocok untuk anjing pendeteksi dan rute patroli, serta lain hal. Sekaligus akan memperkenalkan semua rencana tersebut kepada operator kereta api Jepang nantinya.

Bagi para penggemar Jepang dapat berkumpul berdiskusi lewat WAG Pecinta Jepang, silakan kirimkan nomor whatsapp email ke: info@jepang.com

Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved