Latihan Gabungan Militer Indonesia-Jepang Keempat Kalinya Akan Digelar Tahun Depan

Pertemuan 2+2 merupakan pertemuan antara dua menteri, yaitu Menteri Pertahanan dan Menteri Luar Negeri dua negara secara bersama-sama.

Latihan Gabungan Militer Indonesia-Jepang Keempat Kalinya Akan Digelar Tahun Depan
TRIBUNNEWS/RICHARD SUSILO
Menteri Pertahanan Jepang Taro Kono 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Menteri Pertahanan Jepang Taro Kono berharap latihan militer bersama antara Jepang dan Indonesia bisa direalisasikan tahun depan untuk ke-4 kali.

“Dalam pembicaraan dengan Menhan Prabowo Subianto kita sepakat menyelenggarakan latihan bersama dengan nama Komodo tahun depan, diharapkan semakin mengakrabkan hubungan kedua negara,” papar Menteri Kono dalam perbincangan dengan Tribunnews.com di kantornya, Rabu sore kemarin (26/12/2019).

Pertemuan bilateral 2+2 juga akan dilakukan di Jepang tahun depan. “Belum dipastikan tanggalnya baik latihan bersama maupun pertemuan 2+2 tersebut,” tekan Menteri Kono lagi.

Pertemuan 2+2 merupakan pertemuan antara dua menteri, yaitu Menteri Pertahanan dan Menteri Luar Negeri dua negara secara bersama-sama.

Menteri Kono juga sepakat dengan Menhan Prabowo Subianto untuk melakukan pertukaran dan pengiriman pasukan bela diri Jepang (SDF) ke Indonesia agar semakin akrab persahabatan antara kedua anggota kesatuan masing-masing.

Terkait dengan situasi regional khususnya Korea Utara, kedua menteri berbagi pandangan tentang pentingnya menerapkan resolusi Dewan Keamanan PBB dan setuju untuk terus bekerja sama. 

Baca: Menteri Pertahanan Jepang Taro Kono Puji Prabowo Subianto

Kedua menteri, tambahnya lagi, juga bertukar pandangan tentang situasi di Laut Cina Selatan dan berbagi keprihatinan serius tentang perubahan sepihak status quo yang dilakukan oleh China.

Ditanyakan rencana ke Indonesia tahun 2020, dia mengatakan, “Wah saya belum tahu ya. Pingin juga sih ke Indonesia.”

Di dalam negeri Jepang, Menteri Kono tampaknya berusaha meningkatkan jumlah tentara beladiri Jepang berjenis kelamin perempuan.

Halaman
12
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved