Erupsi Gunung Taal di Filipina

Abu Vulkanik Gunung Taal Filipina Tak Sampai Indonesia, Phivolcs: Abu Jatuh di 3 Wilayah Dekat Kawah

Abu Vulkanik Erupsi Gunung Taal Filipina Tak Sampai ke Indonesia, Phivolcs Jelaskan Abu Vulkanik Jatuh di Tiga Wilayah Dekat Kawah

Abu Vulkanik Gunung Taal Filipina Tak Sampai Indonesia, Phivolcs: Abu Jatuh di 3 Wilayah Dekat Kawah
surya/m rivai
Api saat melalap Pom Mini dam Ruko milik H Adnan di Dusun Sumber Payung, Desa Bataal Barat, Kecamatan Ganding Sumenep, Selasa (29/5/2018). Artikel ini telah tayang di surya.co.id dengan judul Pom Mini Meledak dan Terbakar di Sumenep, Hanguskan Ruko dan Gudang Milik Sekretaris Desa Ini, http://surabaya.tribunnews.com/2018/05/29/pom-mini-meledak-dan-terbakar-di-sumenep-hanguskan-ruko-dan-gudang-milik-sekretaris-desa-ini. Penulis: Moh Rivai Editor: Titis Jati Permata 

TRIBUNNEWS.COM - Gunung Api Taal di Filipina mengalami erupsi pada Minggu (12/1/2020).

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memastikan bahwa wilayah Indonesia tidak terdampak abu vulkanik dari erupsi Gunung Taal.

Pengamatan BNPB melalui InaWARE, kolom abu vulkanik dari erupsi Gunung Taal terpantau menjauhi wilayah Indonesia menuju arah timur laut atau mengarah ke Samudera Pasifik dari kawah yang terletak di tengah Danau Taal.

Berdasarkan laporan otoritas resmi Filipina, kolom abu teramati dengan ketinggian sekitar 1 kilometer dari kawah utama.

Pihak Institut Vulkanologi dan Seismologi Filipina (Phivolcs) mengatakan abu erupsi jatuh ke wilayah yang paling dekat dengan kawah.

Wilayah tersebut meliputi Tagaytay, Batangas dan Cavite.

Video dan Foto Gunung Api Taal Filipina Meletus, Petir Menyambar Awan, Warga Berteriak Panik
Video dan Foto Gunung Api Taal Filipina Meletus, Petir Menyambar Awan, Warga Berteriak Panik (Kolase foto Twitter @Treleps dan YouTube Disasters Compilations)

Debu vulkanik tersebut juga menyelimuti Silang dan Amadeo di Cavite dan Calamba, Santa Rosa dan San Pedro City di Provinsi Laguna.

Sejumlah sekolah di regional Calabarzon, Luson Tengah dan Metro Manila diliburkan demi alasan keselamatan dan kesehatan.

Menurut Badan Pengurangan Risiko dan Manajemen Bencana Alam Filipina, sekitar 6000 penduduk telah dievakuasi ke Batangas, dan paling banyak berasal dari San Nicolas, Balete dan Talisay.

Hingga sejauh ini belum ada laporan mengenai korban jiwa.

Halaman
12
Penulis: Andari Wulan Nugrahani
Editor: Facundo Chrysnha Pradipha
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved