Virus Corona

Gara-gara Virus Corona, Pesta Bersama di Jepang Dilakukan Lewat Jaringan Internet

Wabah virus corona di berbagai negara termasuk Jepang ternyata mengubah kebiasaan kerja dan kehidupan sehari-hari saat ini.

Gara-gara Virus Corona, Pesta Bersama di Jepang Dilakukan Lewat Jaringan Internet
NHK
Jaringan pertemuan rapat dan bahkan pesta pun dilakukan lewat internet untuk mengurangi resiko tercemar virus Corona 

Laporan Koresponden ‪Tribunnews.com‬, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Wabah virus corona di berbagai negara termasuk Jepang ternyata mengubah kebiasaan kerja dan kehidupan sehari-hari saat ini.

"Perusahaan saya mengadakan pesta penyambutan karyawan baru lewat internet. Selama ini kerja dengan Teleworks, kerja di masing-masing rumah dengan internet sudah cukup baik. Mengapa tidak dibuat upacara pesta penyambutan karyawan baru juga lewat internet?" papar Uchiyama seorang karyawan sebuah perusahaan di Tokyo kepada Tribunnews.com Kamis ini (20/2/2020).

Demikian pula pesta perpisahan perusahaan untuk para istri, akan diadakan dari jarak jauh karena coronavirus.

"Terima kasih kepada mantan rekan di luar negeri dan ibu yang cuti hamil, semua orang jadi ingin berpartisipasi. Sepertinya akan bertambah ramai pesat lewat internet," lanjutnya.

Pesta penyambutan maupun perpisahan karyawan perusahaan dengan sekitar 10 anggota departemennya akan dilakukan bulan depan, menggunakan sistem konferensi video di komputer pribadi untuk bergabung dari masing-masing rumah.

"Saya pikir sudah waktunya untuk semakin terbuka, tidak perlu menahan diri untuk tidak berpamitan. Jadi saya ingin bentuk-bentuk baru ini semakin menyebar nantinya," lanjutnya.

Meskipun demikian seorang karyawan lain, ibu rumah tangga, Ayako, sedikit ragu, "Apakah saya bisa menikmatinya karena terus harus mengawasi anaknya dan sibuk dengan makanan dan mandi saat di rumah."

Dia juga berkata, "Sayang sekali menyiapkan makanan sendiri karena semua orang menikmati makanan yang sama."

Oleh karena itu Ayako mengusulkan, apabila ada seorang Sekretaris ikut pula pesta internet tersebut, mungkin bisa menggunakan layanan pengiriman makanan untuk membantu semua orang makan makanan yang sama.

Halaman
12
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved