Virus Corona

Satu Pasien Positif Virus Corona di Malaysia Miliki Riwayat Perjalanan ke Jakarta dan Bogor

Hanya disebutkan, kasus pada wanita itu memicu penutupan sementara fasilitasi kesehatan Taman Desa Medical Centre (TDMC)

Tribun Jabar/Gani Kurniawan
ILUSTRASI - Tenaga medis melakukan simulasi alur masuk pasien Covid-19 di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS), Jalan Pasteur, Kota Bandung, Jawa Barat, Jumat (6/3/2020). Simulasi dari mulai pasien terduga Covid-19 datang ke RSHS, diperiksa di ruang Isolasi IGD, hingga dibawa ke Ruang Khusus Isolasi Kemuning tersebut, dilakukan untuk melatih kesiapan tenaga hingga sarana medis dalam menangani dan merawat pasien terduga virus corona yang masuk ke RSHS Bandung. Tribun Jabar/Gani Kurniawan 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu

TRIBUNNEWS.COM, KUALA LUMPUR - Satu pasien positif virus corona di Malaysia dilaporkan memiliki riwayat perjalanan ke Jakarta dan Bogor, Indonesia.

Melansir kantor berita Bernama, Jumat (6/3/2020), perempuan Malaysia berusia 46 tahun itu berpergian ke Indonesia bersama keluarganya, termasuk suami, anak perempuan dan laki-lakinya.

Baca: Bahas Wabah Corona, Politisi PDIP Aria Bima Singgung Respons Anies Baswedan: Terlalu Bereuforia

Mereka sekeluarga ke Indonesia pada tanggal 13 hingga 19 Februari 2020.

Namun dalam laporan Bernama itu, identitas dan hal lainnya tak diungkap rinci.

Hanya disebutkan, kasus pada wanita itu memicu penutupan sementara fasilitasi kesehatan Taman Desa Medical Centre (TDMC).

Kini ia dipindahkan dan dirawat di Rumah Sakit Kuala Lumpur setelah dinyatakan positif virus corona pada 4 Maret lalu.

Sementara dari laporan media Malaysia lainnya The Edge Markets disebutkan, wanita itu awalnya dirawat di TDMC dengan keluhan awal gangguan pencernaan sejak 25 Februari lalu.

Setelah menjalani pemeriksaan, ia kemudian dinyatakan positif.

"Pasien awalnya mengalami diare tanpa ada tanda demam, batuk, radang tenggorokan atau kesulitan dalam bernapas. Namun, suhu tubuhnya naik-turun setiap harinya dan gejalanya semakin meningkat. Hasil pemeriksaan Covid-19 yang dilaporkan menyatakan positif pada 4 Maret," demikian pernyataan pengelola TDMC.

Pengelola TDMC pun harus menutup sementara rumah sakit itu, untuk melakukan proses sterilisasi untuk pencegahan wabah.

Baca: UPDATE Pasien Virus Corona per Jumat, 6 Maret Malam: Tembus 100 Ribu, 2 Pasien Baru di Indonesia

Petugas medis yang melakukan kontak dengan yang bersangkutan harus menjalani pengawasan atau karantina selama 14 hari di rumah masing-masing.

Sejauh ini, otoritas Malaysia telah mengonfirmasi 55 kasus Covid-19 di wilayahnya.

Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Imanuel Nicolas Manafe
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved