Olimpiade 2020

Pasukan Blue Impulse Latihan Siapkan Kedatangan Obor Olimpiade ke Jepang

Pasukan Blue Impulse dari tim penerbangan Pasukan Bela Diri Udara Jepang (ASDF) berlatih membentuk simbol Olimpiade di langit, Kamis (19/3/2020).

Pasukan Blue Impulse Latihan Siapkan Kedatangan Obor Olimpiade ke Jepang
NHK
Pasukan Blue Impulse latihan membentuk gambar Olimpiade di awan Miyagi, Kamis (19/3/2020). 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Pasukan Blue Impulse dari tim penerbangan Pasukan Bela Diri Udara Jepang (ASDF) berlatih membentuk simbol Olimpiade di langit, Kamis (19/3/2020).

Latihan ini dalam rangka mempersiapkan kedatangan obor Olimpiade 2020, Jumat (20/3/2020) di Tohoku, Jepang Utara.

"Blue Impulse, milik Pangkalan Udara Matsushima Pasukan Bela Diri Udara di Kota Higashi Matsushima, Perfektur Miyagi, akan menggambar simbol Olimpiade di langit saat pesawat angkut khusus yang membawa obor Olimpiade 2020 tiba besok dan menyambutnya dengan kegembiraan," kata sumber Tribunnews.com, Kamis (19/3/2020).

Baca: Suami Vanessa Angel Dipulangkan Meski Positif Psikotropika, Bibi Ardiansyah Berstatus Terperiksa

Baca: Kuota Haji Ada 221 Ribu, Pelunasan Biaya Haji Dimulai Hari Ini

Pelatihan terakhir diadakan pada tanggal 19 Maret ini sebelum penampilan di hadapan umum Jumat (20/3/2020) besok.

Pasukan Blue Impulse latihan membentuk gambar Olimpiade di awan Miyagi, Kamis (19/3/2020).
Pasukan Blue Impulse latihan membentuk gambar Olimpiade di awan Miyagi, Kamis (19/3/2020). (NHK)

Sebanyak 12 pesawat impuls biru terbang ke langit satu demi satu sejak pagi tadi di udara Perfektur Miyagi.

Menggunakan asap putih, lima cincin yang bergabung selesai dalam gerakan yang menakjubkan, menunjukkan penyesuaian antar pesawat tempur yang halus.

Jumat (20/3/2020) besok kapal-kapal itu nantinya akan menggunakan asap berwarna seperti merah dan kuning, warna-warna simbol Olimpiade.

Baca: Penayangan Film Black Widow Ditunda karena Virus Corona

Baca: Viral Kata Jubir Corona Ada Penolakan Pasien di RS, Ini Tanggapan Ahli

"Ada banyak berita kelam karena pengaruh virus corona baru, tetapi tim blue impulse ini memberikan kita kebahagiaan di tengah stres yang ada," kata Kumagaya, seorang warga Miyagi kepada Tribunnews.com saat melihat latihan tersebut.

"Kecepatan maksimum selama pertunjukan bisa mencapai 800 km per jam. Saya pikir perasaan gugup dan tegang lebih kuat daripada perasaan bersemangat. Dan saya ingin membuat mereka tersenyum, terutama untuk anak kecil," kata Letnan Satu Takahiro Sato (34), dari Yamadacho, daerah pantai di Perfektur Iwate.

Pasukan Blue Impulse latihan membentuk gambar Olimpiade di awan Miyagi, Kamis (19/3/2020).
Pasukan Blue Impulse latihan membentuk gambar Olimpiade di awan Miyagi, Kamis (19/3/2020). (NHK)

Blue Impulse, yang mengkhususkan diri dalam penerbangan akrobatik, telah aktif sejak Januari 1982, milik pangkalan Angkatan Udara Bela Diri Matsushima di Higashi Matsushima City, Perfektur Miyagi.

Festival Udara Matsushima tahunan, yang diadakan pada musim panas, adalah festival terbesar di kota yang dikunjungi oleh sekitar 50.000 orang dari seluruh penjuru negeri, tidak hanya dari daerah setempat, karena Blue Impulse melakukan penerbangan akrobatik.

Impuls Biru berakar dalam sebagai simbol wilayah sebagaimana digambarkan di tengah kota, dan pesawat bekas ditampilkan di depan Stasiun JR Kazuma.

Baca: Rupiah Melemah Akibat Corona, Fadli Zon Desak Jokowi Segera Tentukan Langkah: Mau Dibawa Kemana?

Baca: Dokter Handoko Luar Biasa

Ketika Blue Impulse kembali ke Pangkalan Udara Matsushima untuk pertama kalinya dalam dua tahun setelah Gempa Besar Jepang Timur, orang-orang lokal mengibarkan spanduk menuliskan "Okaeri Blue Impulse" (Selamat Datang Kembali Blue Impulse) dan menciptakan Gerakan Blue Impulse yang dibuat untuk hari ini.

Diskusi mengenai Jepang dalam WAG Pecinta Jepang terbuka bagi siapa pun. Kirimkan email dengan nama jelas dan alamat serta nomor whatsapp ke: info@jepang.com

Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved