Virus Corona

18 Dokter di Tokyo Jepang Dilaporkan Terinfeksi Covid-19 Usai Makan Malam Bersama

Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe menyatakan keadaan darurat nasional terkait wabah virus corona yang terus meningkat.

Foto Bunshun
Rumah sakit Universitas Keio di Shinjuku Tokyo. 

TRIBUNNEWSWIKI.COM – Sebanyak 18 dokter yang merupakan peserta magang di Rumah Sakit Keio, Tokyo dinyatakan terinfeksi virus corona atau covid-19 setelah mereka menghadiri pesta makan malam.

Dalam sebuah pernyataan, Kepala Rumah Sakit Keio, Yuko Kitagawa meminta maaf dan menggambarkan tindakan yang dilakukan para tenaga medis tersebut sebagai tindakan yang tidak dapat dimaafkan.

"Kami dengan tulus meminta maaf kepada semua pihak terkait dan seluruh masyarakat atas ketidaknyamanan dan kepedulian mereka, dan akan terus memberikan perawatan dan panduan yang ketat kepada penduduk klinis awal," kata Kitagawa, Senin (6/4/2020), dikutip dari South China Morning Post.

"Karena infeksi yang didapat masyarakat berkembang pesat, kami akan menyebarkan Kode Etik sebagai seorang profesional medis dan berusaha untuk mencegah terulangnya kembali kasus ini," ujar dia.

Baca: Tembus Angka 8 Ribu, Trump Sebut Kematian Akibat Covid-19 di AS Akan Lebih Banyak Lagi Pekan Depan

Pihak rumah sakit berulang kali memperingatkan semua anggota fakultas untuk tidak makan malam bersama-sama, tetapi menemukan bahwa sekitar 40 orang  makan malam bersama-sama.

Pihak RS Universitas Keio mengatakan, satu dokter magang dinyatakan positif Covid-19 Selasa (31/3/2020) lalu, dan tes-tes berikutnya menemukan 17 infeksi lagi di antara 99 peserta pelatihan yang mungkin berhubungan dekat dengan peserta pelatihan pertama.

Sebanyak 18 orang yang terinfeksi termasuk mereka yang tidak menghadiri pesta itu, kata rumah sakit itu, dan ke-99 semuanya telah diperintahkan untuk melakukan isolasi mandiri di rumah.

 

Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe.(Kyodo via SCMP)
Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe.(Kyodo via SCMP) (Kyodo via SCMP)

Halaman Selanjutnya ------------->

 
Editor: Archieva Prisyta
Sumber: TribunnewsWiki
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved