Virus Corona

Saudi Pulangkan 300 WNI, Termasuk Jemaah Umrah yang Tertahan Akibat Lockdown

Duta besar RI untuk Arab Saudi, Agus Maftuh Abegebriel mengatakan, disamping jemaah umrah, ada tim petugas haji Indonesia yang dipulangkan.

Dok: KBRI Riyadh
KBRI Riyadh 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu

TRIBUNNEWS.COM, RIYADH - Pemerintah Arab Saudi memulangkan lebih dari 300 warga negara Indonesia (WNI) termasuk jemaah umrah yang sempat tertahan akibat kebijakan lockdown pada Kamis (9/4/2020).

Duta besar RI untuk Arab Saudi, Agus Maftuh Abegebriel mengatakan, disamping jemaah umrah, ada tim petugas haji Indonesia yang dipulangkan.

Sebanyak 97 WNI beserta keluarganya juga ikut dipulangkan ke tanah air.

Di antaranya, WNI yang hilang selama 31 tahun, Carmi pekerja migran asal Desa Bandengan, Kecamatan Pangenan, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.

Agus menuturkan, semula penerbangan khusus ini diperuntukkan hanya untuk para jemaah umrah.

"KBRI Riyadah melakukan lobi ke kementerian Luar Negeri Arab Saudi, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Haji dan Umrah, Imigrasi Arab Saudi dan berbagai pihak untuk bisa menerbangkan para WNI khususnya mereka yang selama 1 sampai 3 tahun berada di rumah singgah KBRI," kata Agus dalam keterangan yang diterima Tribunnews.com.

Baca: Pusdokkes Roling 51 Tenaga Medis Polri yang Bertugas di RSD Kemayoran

Sebelumnya, menurut Agus pemerintah Arab Saudi hanya menyiapkan kepulangan bagi pemegang visa umrah.

"Apresiasi tinggi kepada pemerintah Kerajaan Arab Saudi yang telah memberikan perhatian yang luar biasa kepada Indonesia dan mempersiapkan penerbangan khusus ini," lanjut dia.

Di suasana lockdown, semua bandara ditutup, Arab Saudi juga memberikan izin khusus para WNI yang akan pulang ke Indonesia dengan pengawalan khusus.

Pesawat Saudi Airlines dengan penumpang lebih dari 300 orang ini take off dari Bandara King Khalid Riyadh pukul 11.20 WAS dan tiba di Jakarta pada Jumat tengah malam tadi.

"Alhamdulillah, semua berjalan lancar," tegas Dubes yang juga staf pengajar UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta ini.

Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Hasanudin Aco
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved