Virus Corona

Antisipasi Pandemi Covid-19, Perpustakaan Jepang Gunakan Robot Saat Pemilihan Buku

Perpustakaan hanya berisi staf dan robot saja sedangkan tamu berada di satu ruang khusus dengan komputer pengontrol robot yang berfungsi sebagai diri

Richard Susilo
Staf perpustakaan Yuki Nukagawa sedang melayani tamu perpustakaan untuk memilih buku, berkomunikasi dengan robot Avatar 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Antisipasi pandemi Covid-19 khususnya di dunia perpustakaan Jepang akan dilakukan menggunakan robot yang akan melayani pelanggan berada di ruang khusus.

"Di saat pandemi Covid-19 ini sangat disarankan menjaga jarak sesama dan penggunaan robot sangatlah tepat karena sang tamu bisa berada di kamar sendiri mengontrol robot dan staf perpustakaan bisa bersama robot melayani tamu serta merekomendasikan dengan cepat buku yang diinginkan," ungkap Staf perpustakaan Futakotamagawa, Yuki Nukagawa Selasa ini (5/5/2020).

Perpustakaan hanya berisi staf dan robot saja sedangkan tamu berada di satu ruang khusus dengan komputer pengontrol robot yang berfungsi sebagai dirinya di perpustakaan.

Keinginan buku kita input di komputer, robot dapat merekomendasikan buku yang kira-kira diinginkan tamu, lalu pergi ke rak buku tempat buku itu ada.

Lalu staf perpustakaan mengambil dan membukanya memperlihatkan lewat robot isi buku tersebut. Apabila selesai buku dibawa ke loket administrasi dan tamu tinggal mengambilnya.

Teknologi robot yang digunakan itu dibuat oleh anak perusahaan perusahaan penerbangan ANA (All Nippon Airways), Avatar-in, Inc. yang bermarkas di Tokyo.

Saat ini permintaan penggunaan robot untuk perpustakaan sudah mulai bermunculan, sekaligus dapat dipakai untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19.

Pada robot ada screen wajah tamu yang ingin meminjam buku dan staf dapat berkomunikasi langsung dengan robot yang memiliki gambar televisi wajah si tamu dan berbicara langsung dua arah dengan staf yang ada di perpustakaan lewat perantaraan robot berjalan tersebut.

Diskusi mengenai Jepang dalam WAG Pecinta Jepang terbuka bagi siapa pun. Kirimkan email dengan nama jelas dan alamat serta nomor whatsapp ke: info@jepang.com

Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved