Pengguna Ninja Jepang Pertama Adalah Pangeran Shotoku Taishi, Benarkah?

ternyata Pangeran Shotoku Taishi (574-622) adalah orang pertama yang menggunakan jasa Ninja di Jepang.

Ist
Pangeran Shotoku Taishi (574-622) adalah orang pertama yang menggunakan jasa Ninja di Jepang. 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Menarik perhatian saat kita menelusuri sejarah Ninja. Ada di tahun berapa dan siapa yang menggunakan Ninja pertama kali di Jepang?

Dari penelusuran berbagai buku sejarah Ninja oleh Tribunnews.com ditemukan ternyata Pangeran Shotoku Taishi (574-622) adalah orang pertama yang menggunakan jasa Ninja di Jepang.

Lalu kalau ditelusuri sumber lainnya, kata Ninja sebenarnya baru ada di jaman Muromachi yang dimulai tahun 1336.

Lalu mana yang benar, kapan Ninja itu ada sebenarnya?

"Ninja memang benar mulai ada sejak jaman Muromachi, khususnya penggunaan nama Ninja. Sedangkan sebelum itu biasanya disebut bukan Ninja tetapi Kanchou atau Spy (mata-mata) yang fungsi dan kerjanya mirip dengan Ninja juga," papar Ninja terakhir Jepang Jinichi Kawakami khusus kepada Tribunnews.com Sabtu ini (16/5/2020).

Sementara Ninja atau Shinobi memiliki beberapa peran, termasuk mata-mata (kanchō), scout atau pengintai (teisatsu), penyerang kejutan (kishu), dan agitator (konran).

Lalu siapa sebenarnya Pangeran Shotoku Taishi?

Shotoku Taishi (574-622) adalah putra mahkota di Jepang kuno. Dia tidak menjadi kaisar, hidupnya berakhir sebagai bupati suatu daerah yang sebenarnya dikuasai permaisuri, bibinya sendiri.

Setiap buku pelajaran sejarah sekolah Jepang menyebut dia sebagai politisi yang mengagumkan, sangat pintar yang mendirikan yayasan yang kokoh. untuk pengadilan kekaisaran untuk memerintah Jepang setelahnya.

Halaman
12
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved