Breaking News:

Mengukur Kekuatan Militer India dan China dalam Konflik Perbatasan, India Dianggap Berpengalaman

Meski China memiliki keunggulan militer, namun China disebut memiliki lebih banyak keunggulan dalam peperangan pegubungan di dataran tinggi

AFP/Tauseef Mustafa
Tentara India siaga di perbatasan dengan China. 

TRIBUNNEWS.COM – Konflik India-China yang terjadi saat ini jauh berbeda dengan yang pernah terjadi pada tahun 1962.

Dilansir oleh Eurasiantimes.com, kearifan konvensional menyatakan bahwa China memiliki keunggulan militer besar-besaran di atas India.

Namun, dalam penelitian baru-baru ini dari Belfer Center di Harvard Kennedy School of Government dan Center for a New American Security di Washington menunjukkan bahwa India memiliki keunggulan dalam peperangan pegunungan di dataran tinggi di atas Tiongkok.

Senjata nuklir: China vs India

Tidak ada yang mengharapkan bentrokan baru meledak menjadi perang nuklir, tetapi kenyataan bahwa China dan India telah menjadi kekuatan nuklir sejak konflik mereka sebelumnya tidak dapat diabaikan ketika mengevaluasi keseimbangan kekuatan.

Data yang dikeluarkan oleh (SIRPI) menilai bahwa China memiliki sekitar 320 hulu ledak nuklir, lebih dari dua kali lipat dari India yang memiliki 150.

Kedua negara telah melihat persenjataan mereka tumbuh pada tahun lalu, Beijing dengan 40 hulu ledak dan New Delhi 10, menurut SIRPI.

Kedua negara yang memiliki senjata nuklir mempertahankan tiga serangkai sistem pengiriman, yakni misil, pembom, dan kapal selam.

BACA SELENGKAPNYA>>>>

Editor: Putradi Pamungkas
Sumber: TribunnewsWiki
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved