Breaking News:

Ninja Jepang Harus Bersih, Tak Boleh Bau dan Menguasai Astronomi Alamiah

Yang sangat penting dalam pekerjaannya sebagai ninja justru tak boleh bau dan harus menggunakan pakaian yang bersih agar tidak mudah terdeteksi.

Koresponden Tribunnews.com/Richard Susilo
Ninja harus menjaga pakaiannya agar tak bau (kiri) dan upaya memanfaatkan alam untuk astronomi, mengetahui waktu dan cuaca. 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Pakaian ninja yang biasanya kita lihat dalam film-film tampak kotor bahkan banyak yang berwarna hitam.

Ternyata satu hal yang sangat penting dalam pekerjaannya sebagai ninja justru tak boleh bau dan harus menggunakan pakaian yang bersih agar tidak mudah diketahui atau terdeteksi oleh lawan.

"Bau badan yang terlihat sangat fatal bagi seorang ninja. Para ninja yang masih ada menjaga makanan mereka agar tidak bau tubuhnya," tulis sebuah dokumen sejarah kuno ninja yang diperoleh Tribunnews.com belum lama ini.

Terutama mereka tidak pernah mengambil makanan seperti yang akan menghasilkan bau sebelum tindakan mata-mata mereka dilakukan.

Mencederai diri untuk mengingat kembali memori yang terlupa oleh Ninja (kiri) dan hipnotis yang dimiliki Ninja (kanan).
Mencederai diri untuk mengingat kembali memori yang terlupa oleh Ninja (kiri) dan hipnotis yang dimiliki Ninja (kanan). (Koresponden Tribunnews.com/Richard Susilo)

Makanan yang membuat tubuh mereka menjadi bau dan dihindari menyantap adalah daging merah yang menyebabkan timbulnya bau mulut dan bahkan bau badan.

Demikian pula bawang putih, makanan berserat, alkohol, junk food, serta produk susu membuat tubuh menjadi bau.

Oleh karena itu umumnya ninja membuat sendiri makanannya dengan bentuk seperti gundu (kelereng) racikan dari berbagai tumbuhan herbal alam yang dibuat bundar kecil dan padat, sehingga satu makanan kecil itu kadang bisa membuat perut bertahan hingga satu dua hari.

Baca: Bersama Ninja, Jepang Mencapai Demokrasi Parlementer 200 Tahun Sebelum Revolusi Perancis

Baca: Futaeibuki, Membuat Ninja Jepang Bisa Lari Cepat dan Jauh di Sekitar Pegunungan

Ninja mencuci pakaian mereka dan sering mandi. Meskipun mereka menyukai jenis dupa khusus yang mereka yakini sebagai jimat, mereka tidak pernah menggunakan hal tersebut sebelum pekerjaan.

Di bidang astronomi, ninja memanfaatkan sebagian besar fenomena alam untuk meningkatkan efek taktik mereka.

Misalnya mereka dapat mempelajari arah utara, selatan, timur dan barat dengan membuat kompas dari jarum jahit atau setrip besi tipis dan bergerak diam-diam tanpa tersesat.

Mereka juga dapat mengetahui waktu oleh posisi matahari di siang hari dan oleh gayung besar di malam hari.

Ilustrasi Ninja sedang berlari kencang
Ilustrasi Ninja sedang berlari kencang (Foto Ninja Museum)

Ninja juga memiliki metode untuk meramalkan angin kencang dan bahkan angin ribut kering yang hangat berkembang di sisi jalur lereng penurunan pegunungan, serta hari yang cerah atau akan muncul hujan dapat diketahuinya terlebih dulu.

Teknik atau kemampuan khusus ninja tersebut berkembang seiring dengan meningkatnya kemampuan ilmu ninja dan atau ninjutsu yang dimilikinya.

Sementara itu ada buku menarik "Rahasia Ninja di Jepang", pertama di dunia cerita non-fiksi kehidupan Ninja di Jepang dalam bahasa Indonesia, dijadwalkan terbit akhir Agustus 2020, silakan tanyakan ke: info@ninjaindonesia.com

Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved