Breaking News:

Peringatan Hari Lansia di Gifu Jepang, Kue Khas Manju Ditempel Stiker Waspada Terhadap Penipuan

Produk kue khas Jepang itu dikembangkan bekerja sama dengan toko kembang gula di Kota Gifu dan polisi.

Editor: Dewi Agustina
Koresponden Tribunnews.com/Richard Susilo
Manju, kue khas Jepang adonan tepung beras dan lainnya, dari Gifu Jepang di hari Lansia, Senin (21/9/2020) dijual dengan stiker hati-hati terhadap penipuan. 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Senin (21/9/2020) merupakan hari libur di Jepang dalam rangka memperingati Hari Lansia di Jepang.

Di Gifu Jepang dijual kue khas Jepang, manju dengan stiker gambar dan tulisan agar berhati-hati terhadap penipuan "sagi denwa mushi" (abaikan telepon penipuan).

"Jika Anda menerima panggilan telepon yang melibatkan uang, jelas itu tidak benar, segera abaikan dan konsultasikan ke polisi segera," papar Eiji Higuchi, Manajer Divisi Urusan Umum, Divisi Keselamatan Hidup dan Urusan Umum, Markas Besar Kepolisian Prefektur Gifu, Senin (21/9/2020).

Dua jenis bakpao kukus, miso putih dan gula merah dijual, dan di plastik yang membungkus bakpao dan atau manju tersebut ada stiker bertuliskan "Sagi Manju Mushi".

Manju, kue khas Jepang adonan tepung beras dan lainnya, dari Gifu Jepang di hari Lansia, Senin (21/9/2020) dijual dengan stiker hati-hati terhadap penipuan.
Manju, kue khas Jepang adonan tepung beras dan lainnya, dari Gifu Jepang di hari Lansia, Senin (21/9/2020) dijual dengan stiker hati-hati terhadap penipuan. (Koresponden Tribunnews.com/Richard Susilo)

Produk kue khas Jepang itu dikembangkan bekerja sama dengan toko kembang gula Jepang di Kota Gifu dan polisi untuk mencegah kerusakan tak berujung pada para lansia.

Tanggal 21 September adalah Hari Keiro (lansia) dan para orang tua di keluarga mereka diharapkan lebih hati-hati lagi jika menerima telepon dari luar.

Menurut polisi, hingga akhir bulan lalu, ada 90 penipuan khusus di Prefektur Gifu, 10 kasus lebih banyak dari periode yang sama tahun lalu, dan ada banyak cara untuk mengelabui petugas polisi dan pegawai bank untuk mencuri kartu tunai.

Baca: Saori Hara Stres Lawan Mainnya di Film Dewasa Jepang Seusia Bapaknya: Resign sebagai Bintang Porno

"Aku ingin berhati-hati dengan kemungkinan adanya penipuan tersebut dan mau membelikan ini buat para lansia lain di sini, khususnya bagi nenek saya," kata Keiko Uchiyama, seorang pembeli manju kepada Tribunnews.com.

Sementara itu baru terbit Buku "Rahasia Ninja di Jepang", pertama di dunia cerita non-fiksi kehidupan Ninja di Jepang dalam bahasa Indonesia, silakan tanyakan ke: info@ninjaindonesia.com

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved