Breaking News:

Pilpres Amerika Serikat

Jelang Pemungutan Suara Pilpres AS, Joe Biden Memimpin di Survei

Joe Biden dari Partai Demokrat memimpin sementara survei nasional jelang pemungutan suara Pilpres Amerika Serikat (AS), Selasa (3/11/2020).

JIM WATSON dan SAUL LOEB / AFP
Presiden AS Donald Trump (kiri) dan calon Presiden dari Partai Demokrat, mantan Wakil Presiden Joe Biden, melakukan debat presiden pertama di Case Western Reserve University dan Cleveland Clinic di Cleveland, Ohio Selasa (29/9/2020) waktu setempat. 

TRIBUNNEWS.COM, WASHINGTON - Joe Biden dari Partai Demokrat memimpin sementara survei nasional jelang pemungutan suara Pilpres Amerika Serikat (AS), Selasa (3/11/2020).

Akan tetapi, Presiden AS Donal Trump bersikeras hasil itu salah dan Biden akan mengulangi kekecewaan Hillary Clinton seperti pada tahun 2016 silam. 

Dilansir Channel News Asia, Biden, yang berusia 77 tahun itu, tengah menikmati keunggulannya dari Trump dalam survei nasional selama sebulan terakhir. 

Namun perlu diingat, pemilihan presiden AS tidak ditentukan oleh popularitas.

Biden unggul di 538-member Electoral College, dimana tiap kota memiliki angka elektoral yang sebanding dengan yang merepresentasikan di DPR AS dan Senat. 

Baca juga: Pilpres Amerika Serikat 2020: Kapan Pemungutan Suara Ditutup dan Kapan Surat Suara Akan Dihitung?

Nantinya, perolehan suara di wilayah yang cenderung memiliki swing voters seperti Florida dan Pennsylvania dapat menentukan pemenang yang akan menduduki White House. 

Berikut update sementara survei nasional dan survei di wilayah yang cenderung memiliki swing voters :

Survei Nasional 

Rata-rata survei nasional yang dirilis website RealClearPolitics (RCP) memberikan Biden keunggulan 6,8 persen dari Trump dengan angka 50,7 persen berbanding  43,9 persen.

Angka tersebut tak jauh berbeda dengan survei lain dari FiveThirtyEight.com, yang memberikan keunggulan pada Biden pula 8,4 persen secara nasional. 

Halaman
1234
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved