Breaking News:

Bendungan di Minamiboso, Chiba, Jepang Tak Bisa Mengairi Kota, Warga Dapat Subsidi 500 Yen Per Hari

Pemerintah daerah setempat memutuskan untuk memberikan subsidi 500 yen per kepala keluarga per hari sampai air normal kembali.

Koresponden Tribunnews.com/Richard Susilo
Bendungan Komukai di Wadacho Kamimihara, Minamiboso, Chiba. 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Sebuah bendungan Komukai di Wadacho Kamimihara, Minamiboso, Chiba, Jepang tidak bisa mengairi daerah sekitarnya.

Pemerintah daerah setempat akhinya memutuskan untuk memberikan subsidi 500 yen per kepala keluarga per hari sampai air normal kembali.

"Jumlah air yang berkurang dari bendungan dalam sehari sekitar 3.000 ton. Di dalam kota, air baku dipompa dari sumber air lain dan dipasok, tetapi untuk menghindari kekurangan air, kerja sama semua orang dalam menghemat air adalah hal yang terpenting," kata Wali Kota Hiroshi Ishii yang melakukan temu masyarakat sejak 11 Desember di kawasan Maruyama hingga kemarin.

"Kami meminta kerja sama warga sekitar dalam menghemat air. Tiap warga akan mendapat subsidi 500 yen per hari sampai pasokan air normal kembali," tambahnya.

Ilustrasi air bersih.
Ilustrasi air bersih. (kompas.com)

Ada juga penjelasan tentang dukungan pasokan air jika terjadi kekurangan air dan tindakan dukungan untuk bisnis.

Dalam sesi tanya jawab, ketika warga bertanya tentang lokasi pasokan air ketika pasokan air terputus, bagaimana menangani dampak akibat corona, dan dukungan dari para pelaku usaha, ada juga yang berteriak karena kesal.

"Saya kira tidak ada manajemen krisis yang memadai di pemda ini," kata seorang warga dengan suara lantangnya.

Seorang wanita berusia 70-an yang berpartisipasi berkata, "Topan tahun lalu menyebabkan kerusakan besar seperti atapnya beterbangan, dan saya ingin memanfaatkan pengalaman itu dan bekerja sama dalam masyarakat untuk mengatasinya."

Baca juga: Toko, Restoran dan Klub Malam di Tokyo Jepang Bakal Dapat Subsidi Lagi 1 Juta Yen

Pemerintah kota akan menginformasikan situs web kota tentang tindakan dukungan jika terjadi pemadaman air segera setelah detail spesifik diselesaikan.

Halaman
12
Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved