Breaking News:

Pilpres Amerika Serikat

Washington hingga Semua Negara Bagian AS Tingkatkan Pengamanan Jelang Pelantikan Joe Biden

Keamanan di negara bagian yang penting sebagai penentu kemenangan Joe Biden-Kamala Harris juga ditingkatkan menjelang Hari Pelantikan.

Twitter Joe Biden
Dalam gambar: Jill Biden-Joe Biden-Kamala Harris-Biden-Douglas Emhoff. Washington hingga Semua Negara Bagian AS Tingkatkan Pengamanan Jelang Pelantikan Joe Biden 

TRIBUNNEWS.COM - Menjelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih Amerika Serikat (AS), Washington, DC dan negara bagian di seluruh negeri meningkatkan keamanan sekaligus mempersiapkan bala bantuan, untuk mengantisipasi potensi protes bersenjata dari Sabtu hingga Hari Pelantikan pada Rabu (20/1/2021).

Sepekan setelah massa pro-Trump menyerbu Capitol AS pada Rabu (6/1/2021), pejabat federal mengulangi peringatan lewat panggilan telepon dengan para pemimpin dan penegak hukum di seluruh negeri agar berjaga-jaga.

CNN melaporkan, keamanan di negara bagian yang penting sebagai penentu kemenangan Joe Biden juga ditingkatkan.

Sebagai langkah antisipasi protes kekerasan, para gubernur menyiagakan Garda Nasional dan menutup gedung-gedung pencakar langit, mendirikan pagar pembatas, bahkan menutup jendela.

Baca juga: Donald Trump akan Tinggalkan Gedung Putih Pekan Depan, Ogah Hadiri Pelantikan Biden

Baca juga: Mike Pence Sapa Kamala Harris dan Staf Gedung Putih, Siap Hadiri Pelantikan Presiden Biden

Foto Presiden terpilih AS Joe Biden dan Wakil Presiden terpilih AS Kamala Harris. Washington hingga Semua Negara Bagian AS Tingkatkan Pengamanan Jelang Pelantikan Joe Biden
Foto Presiden terpilih AS Joe Biden dan Wakil Presiden terpilih AS Kamala Harris. Washington hingga Semua Negara Bagian AS Tingkatkan Pengamanan Jelang Pelantikan Joe Biden (IG Kamala Harris)

Direktur FBI Christopher Wray mengatakan, Kamis kemarin (14/1/2021) bahwa pihak berwenang "melacak seruan untuk potensi protes bersenjata dan aktivitas menjelang pelantikan".

"Kami memantau semua petunjuk yang masuk, apakah seruan untuk protes bersenjata serta potensi ancaman atau sejenisnya mengarah ke acara pengukuhan (Joe Biden-Kamala Harris) dan berbagai target lainnya," ucap Wray.

Bagaimana DC Bersiap untuk Hari Pelantikan Biden-Harris?

Sepekan setelah kerusuhan di Capitol AS, area di sekitar Capitol Hill berada di bawah pengamanan ketat.

Anggota Garda Nasional terlihat di mana-mana, termasuk di dalam Capitol AS.

Kepala Kepolisian DC, Robert Contee mengatakan pada Rabu kemarin bahwa lebih dari 20.000 anggota Garda Nasional dapat diharapkan berada di distik tersebut untuk pelantikan Biden.

Halaman
1234
Penulis: Andari Wulan Nugrahani
Editor: Gigih
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved