Breaking News:

Penanganan Covid

Pemerintah Jepang Persiapkan Jadwal Vaksinasi Covid-19 Bagi Warganya

Menteri Kesehatan Norihisa Tamura berharap agar tak ada perpecahan pendapat dalam hal vaksinasi.

Foto NHK
Menteri Kesehatan Jepang, Norihisa Tamura. 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Kalangan politisi Jepang khususnya dari Partai Liberal Demokrat (LDP) mulai Selasa (19/1/2021) hari ini sedang mempersiapkan jadwal rinci untuk vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat umum.

"Perdana Menteri Yoshihide Suga sebagai Ketua LDP telah menugaskan menteri yang bertanggung jawab atas reformasi regulasi Taro Kono sebagai koordinator keseluruhan untuk bertanggung jawab atas vaksinasi. Dan LDP juga mempertimbangkan vaksinasi sesegera mungkin bagi masyarakat umum saat ini," papar seorang politisi LDP kepada Tribunnews.com, Selasa (19/1/2021).

LDP juga membentuk tim kerja baru, diketuai oleh mantan Menteri Lingkungan Hidup Kamoshita, untuk melanjutkan proses lebih lancar.

Menteri Kesehatan Norihisa Tamura berharap agar tak ada perpecahan pendapat dalam hal vaksinasi.

Baca juga: Kaisar Naruhito Berharap Parlemen Jepang Suarakan Aspirasi Rakyat

"Vaksinasi adalah salah satu proyek besar. Kita harus berurusan dengan pemerintah daerah, operator, pembuat vaksin, dan lainnya. Menteri Kono akan mengkoordinasikan semuanya."

"Kami menerima bahwa keputusan ini dibuat karena sudah sesuai, tetapi Kementerian Kesehatan, Tenaga Kerja dan Kesejahteraan juga akan bekerja sama dengan kementerian lain untuk mempromosikan sistem inokulasi sehingga tidak akan pernah terpecah secara vertikal," kata dia.

Di sisi lain, mengenai pemeriksaan persetujuan vaksin yang diterapkan oleh perusahaan farmasi besar Amerika Pfizer, Perdana Menteri Suga berkata, "Saya ingin memulai vaksinasi pada akhir Februari dan mempertimbangkan berbagai persiapan, persetujuan akan dikeluarkan pada pertengahan Februari."

"Kami akan memeriksa dan mempersiapkan secara menyeluruh tanpa prasangka."

Baca juga: Yamaha Holdings Jepang akan Restrukturisasi 8 Anak Perusahaan

Sekjen LDP Toshihiro Nikai juga mengungkapkan keinginan banyak orang agar segera divaksinasi.

"Rakyat juga menginginkan tanggapan yang cepat, jadi penting untuk melakukannya dengan baik. Kita perlu membuat banyak orang untuk segera disuntik, begitu juga dengan sikap yang baik. Saya ingin kita semua mendapatkannya," papar Nikai.

Selain itu, Kono, menteri yang bertanggung jawab atas reformasi regulasi, mengatakan bahwa koordinasi secara keseluruhan adalah hal yang tepat di tempat yang tepat perlu dilakukan segera.

Sementara itu Forum bisnis BBB akan membantu WNI yang ada di luar Jepang apabila ada yang ingin di vaksinasi di Jepang dapat menghubungi Forum tersebut lewat email: bbb@jepang.com dengan subject: Vaksinasi BBB.

Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved