Breaking News:

Penanganan Covid

Qatar Keluarkan Izin Penggunaan Darurat Vaksin Covid-19 Moderna

Kementerian Kesehatan Masyarakat (MOPH) Qatar dan pihak berwenang mengeluarkan izin penggunaan darurat untuk vaksin Covid-19 Moderna.

JOEL SAGET / AFP
Ilustrasi vaksin Moderna - Gambar kreatif ini diambil di sebuah studio di Paris pada 16 November 2020, menunjukkan jarum suntik dan botol vaksin dengan logo Moderna, menggambarkan pengumuman vaksin eksperimental terhadap Covid-19 dari Moderna yang 95% efektif 

TRIBUNNEWS.COM - Otoritas Qatar mengeluarkan izin penggunaan darurat untuk vaksin Covid-19 Moderna.

Moderna merupakan vaksin virus corona kedua yang diizinkan oleh Qatar setalah Pfizer/BioNTech.

Mengutip Al Jazeera, Kementerian Kesehatan Masyarakat (MOPH) Qatar pada Rabu (10/2/2021) mengatakan, langkah itu terjadi setelah peninjauan ekstensif terhadap vaksin.

Menyoal hal ini, Dr Abdullatif Al Khal, ketua Grup Strategis Kesehatan Nasional untuk Covid-19 dan Kepala Departemen Penyakit Menular di Hamad Medical Corporation memberikan pernyataan lewat kantor berita QNA.

Baca juga: Pakar Vaksin WHO Rekomendasikan Penggunaan Vaksin Oxford-AstraZeneca

Baca juga: Rekomendasi PAPDI: Penyintas Bisa Disuntik Vaksin, Minimal 3 Bulan Setelah Sembuh

Ilustrasi vaksin Moderna - Gambar kreatif ini diambil di sebuah studio di Paris pada 16 November 2020, menunjukkan jarum suntik dan botol vaksin dengan logo Moderna, menggambarkan pengumuman vaksin eksperimental terhadap Covid-19 dari Moderna yang 95% efektif
Ilustrasi vaksin Moderna - Gambar kreatif ini diambil di sebuah studio di Paris pada 16 November 2020, menunjukkan jarum suntik dan botol vaksin dengan logo Moderna, menggambarkan pengumuman vaksin eksperimental terhadap Covid-19 dari Moderna yang 95% efektif (JOEL SAGET / AFP)

"Proses uji klinis komprehensif pada vaksin Covid-19 Moderna telah menunjukkan bahwa vaksin itu aman dan sangat efektif," terangnya.

"Izin dari MOPH berarti kami dapat segera mulai memberikan vaksin Moderna bersama dengan vaksin Pfizer dan BioNTech seiring dengan perluasan program vaksinasi nasional kami di Qatar," tambahnya.

Hingga saat ini, Qatar telah mendaftarkan 155.453 infeksi virus korona dan 253 kematian terkait.

Baca juga: Afrika Selatan Batalkan Penggunaan Vaksin Covid-19 AstraZeneca, akan Beralih ke Johnson & Johnson

Gelombang Baru Infeksi Virus Corona

Pekan lalu, pihak berwenang mengumumkan rencana yang terangkum dalam 32 poin, untuk mengekang lonjakan kasus yang telah menimbulkan kekhawatiran gelombang baru infeksi.

Negara Teluk kecil ini pada Januari mencatat peningkatan 85 persen dalam jumlah pasien Covid-19 yang dirawat di rumah sakit dibandingkan bulan sebelumnya.

Halaman
12
Penulis: Andari Wulan Nugrahani
Editor: Tiara Shelavie
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved