Breaking News:

Kendaraan Umum Tanpa Sopir Level 4 di Perkotaan Jepang akan Beroperasi Tahun 2025

Level 4, yang selangkah lebih maju, adalah teknologi penggerak otonom canggih di mana sistem melakukan semua operasi di area terbatas.

Foto Jidosha Unten
Kendaraan umum kota (bus) otomatis tanpa pengemudi. 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Kendaraan umum tanpa sopir (otomatis) level 4 direncanakan akan dimulai ujicoba di perkotaan Jepang sekitar tahun 2025.

"Mengemudi otonom dibagi menjadi 5 tahap dari level 1 hingga level 5 sesuai dengan fungsinya, dan saat ini, hingga level 3 di mana sistem beroperasi dalam kondisi tertentu dalam penggunaan praktis," ungkap sumber Tribunnews.com, Jumat (19/3/2021).

Sementara penggunaan praktis di daerah perkotaan sekitar tahun 2025 atau level 4 akan dimulai dengan tujuan menerapkan teknologi mengemudi otonom canggih yang disebut "Level 4" ke dalam penggunaan praktis di daerah perkotaan seperti kota besar di area model yang akan dipilih dan eksperimen demonstrasi akan dilakukan mulai tahun fiskal baru (2021) dan seterusnya.

Level 4, yang selangkah lebih maju, adalah teknologi penggerak otonom canggih di mana sistem melakukan semua operasi di area terbatas.

Kendaraan umum kota (bus) otomatis tanpa pengemudi.
Kendaraan umum kota (bus) otomatis tanpa pengemudi. (Foto Jidosha Unten)

Untuk menerapkan level 4 ini ke dalam penggunaan praktis di daerah perkotaan, Kementerian Ekonomi, Perdagangan, dan Industri serta Kementerian Pertanahan, Infrastruktur, Transportasi, dan Pariwisata berencana untuk melanjutkan dengan pemilihan dan survei wilayah percontohan dari tahun anggaran yang baru.

Eksperimen demonstrasi akan dimulai sekitar tahun 2023.

Dalam percobaan, sensor dan peralatan khusus akan dipasang di persimpangan sehingga bus dan taksi dapat beroperasi secara otomatis.

Dan sistem transportasi akan dibangun untuk menyampaikan informasi pergerakan dan sinyal orang dan dapat diterima dari mobil ke mobil.

Baca juga: Universitas Juntendo Jepang Kembangkan Alat Tes Covid-19 Lewat Indra Penciuman

Baca juga: Panitia Olimpiade Menerima dengan Terbuka Para Sukarelawan Asing dan Sponsor dari Luar Jepang

Pengembangan infrastruktur transportasi yang kompatibel dengan autonomous driving juga sedang berlangsung di China dan Amerika Serikat.

Kementerian Ekonomi, Perdagangan, dan Industri akan melakukan penelitian dan pengembangan lebih lanjut berdasarkan hasil yang diperoleh dalam eksperimen ini, termasuk dari level 4 pada sekitar tahun 2025.

"Ini adalah kebijakan yang bertujuan untuk penggunaan praktis di masyarakat nantinya," ujarnya.

Sementara itu Forum bisnis WNI di Jepang baru saja meluncurkan pre-open Belanja Online di TokoBBB.com yang akan digunakan sebagai tempat belanja para WNI dan orang Jepang yang ada di Jepang. Info lengkap lewat email: bbb@jepang.com

Berita lainnya seputar Jepang

Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved