Breaking News:

Isamu Akasaki, Peraih Nobel Fisika 2014 dan Pengembang LED Biru Meninggal Dunia

Profesor Isamu Akasaki meninggal dunia karena penyakit pneumonia di sebuah rumah sakit di Kota Nagoya, Kamis (1/4/2021) dalam usia 92 tahun.

Foto Asahi
Isamu Akasaki, peraih Nobel tahun 2014 meninggal dunia dalam usia 92 tahun. 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Profesor Isamu Akasaki meninggal dunia karena penyakit pneumonia di sebuah rumah sakit di Kota Nagoya, Kamis (1/4/2021) dalam usia 92 tahun.

Profesor Isamu Akasaki dan Universitas Meijo mengembangkan dioda pemancar cahaya (LED) biru dan LED biru GaN dengan kecerahan tinggi memenangkan Hadiah Nobel Fisika 2014.

Isamu Akasaki lahir di Chiran, Kawanabe, Kagoshima, Minamikyushu.

Dia adalah Profesor Tetap Universitas Meijo, merupakan lulusan dari Fakultas Sains, Universitas Kyoto melalui sistem lama Kagoshima Nichu (sekarang SMA Konan) dan sistem lama Sekolah Menengah Tujuh (sekarang Universitas Kagoshima) dari Sekolah Dasar Dairyu di Kota Kagoshima.

Setelah bekerja sebagai asisten profesor di Universitas Nagoya dan Matsushita Electric Industrial Co., Ltd. (sekarang Panasonic) Tokyo Research Institute, dia telah menjadi profesor di Fakultas Teknik, Universitas Nagoya sejak tahun 1981.

Sejak 1992, Isamu Akasaki menjadi profesor emeritus di Universitas Doshisha dan profesor di Universitas Meijo.

Isamu Akasaki, peraih Nobel tahun 2014 meninggal dunia dalam usia 92 tahun.
Isamu Akasaki, peraih Nobel tahun 2014 meninggal dunia dalam usia 92 tahun. (Foto Asahi)

Pada tahun 1973, ketika dia menjadi peneliti di industri yang sama, dia fokus pada galium nitrida sebagai bahan semikonduktor untuk LED biru.

Meskipun sulit untuk mengkristal dan banyak peneliti menyerah, dia menekankan "kebaikan" membuatnya menjadi orang yang kokoh dan stabil.

Lalu melanjutkan penelitian dengan Hiroshi Amano, seorang profesor di Universitas Nagoya yang ikut memenangkan Hadiah Nobel.

Kemudian ia mengumumkan LED biru kecerahan tinggi pertama di dunia pada tahun 1989 dan juga  LED biru GaN dengan kecerahan tinggi.

Halaman
12
Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved