Breaking News:

Krisis Myanmar

PM Malaysia Muhyiddin Yassin Akan Hadir dalam KTT ASEAN Bahas Krisis Myanmar

Muhyiddin Yassin, akan menghadiri pertemuan puncak para pemimpin ASEAN di Jakarta pada Sabtu (24/4/2021) mendatang.

TRIBUNNEWS/HERUDIN
Polisi melakukan penghadangan kepada peserta aksi bersepeda yang melakukan aksi unjuk rasa bertajuk Gowes for Democracy #SaveMyanmar di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Sabtu (17/4/2021). Aksi tersebut sebagai bentuk mengecam kudeta ilegal dan menuntut agar militer Myanmar (Tatmadaw) segera mengakhiri kekerasan serta mengembalikan demokrasi sesuai dengan keinginan rakyat Myanmar. TRIBUNNEWS/HERUDIN 

TRIBUNNEWS.COM, KUALA LUMPUR – Perdana Menteri Malaysia Muhyiddin Yassin, akan menghadiri pertemuan puncak para pemimpin ASEAN di Jakarta pada Sabtu (24/4/2021) mendatang.

Hal itu disampaikan Menteri Luar Negeri Hishammuddin Hussein kepada wartawan, menurut video yang diposting di akun Twitter-nya, seperti dilansir Reuters dan Free Malaysia Today, Rabu (21/4/2021).

Menteri luar negeri Malaysia mengatakan pihaknya berharap Myanmar akan menerima perwakilan dari negara-negara Asia Tenggara untuk mengamati dan membantu negara yang dilanda krisis untuk kembali normal.

"Kami berharap bahwa dengan diskusi yang akan datang di Jakarta, Myanmar akan setuju untuk menerima perwakilan dari pimpinan ASEAN Brunei atau sekretariat ASEAN di Jakarta untuk mengamati dan membantu Myanmar kembali normal," kata Hishammuddin Hussein.

PM Thailand Akan Absen

Perdana Menteri Thailand Prayuth Chan-ocha mengatakan pada Selasa (20/4/2021),  tidak akan menghadiri pertemuan puncak para pemimpin Asosiasi Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) di Jakarta pada 24 April mendatang.

KTT ASEAN itu akan membahas krisis di Myanmar yang diperintah tentara ditetapkan untuk dibahas.

Seperti dilansir Reuters, Selasa (20/4/2021), Prayuth mengatakan Thailand akan diwakili oleh Wakil Perdana Menteri Don Pramudwinai, yang juga Menteri Luar Negeri, dalam pertemuan para pemimpin ASEAN di Jakarta.

Dijelaskan, negara-negara Asia Tenggara akan membahas krisis di Myanmar pada pertemuan puncak di Jakarta pada Sabtu (24/4/2021). Beberapa negara memilih untuk mengirim menteri daripada kepala pemerintahan.

Asosiasi Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) yang berjumlah 10 orang telah berusaha membimbing Myanmar, untuk mencari solusi dari kekacauan berdarah yang dipicu oleh penggulingan militer pemerintahan terpilih Aung San Suu Kyi pada 1 Februari lalu.

Halaman
1234
Penulis: Srihandriatmo Malau
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved