Breaking News:

Penanganan Covid

Studi Inggris: Pfizer dan AstraZeneca Sangat Efektif Lawan Varian Covid India

Public Health England (PHE) menemukan bahwa suntikan Pfizer dan AstraZeneca sangat efektif melindungi orang dari varian Covid yang ditemukan di India.

Tribunnews/Herudin
Tenaga kesehatan menyiapkan Vaksin Covid-19 AstraZeneca untuk disuntikkan kepada warga di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Pinang Ranti 02 Pagi, Kecamatan Makasar, Jakarta Timur, Kamis (20/5/2021). Vaksinasi tahap ketiga sudah dimulai di Jakarta menyasar 445 RW kumuh sesuai Peraturan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 90 Tahun 2018 tentang Peningkatan Kualitas Permukiman Dalam Rangka Penataan Kawasan Permukiman Terpadu dan Instruksi Gubernur DKI Jakarta Nomor 66 Tahun 2020 tentang Persiapan Penyelenggaraan Vaksinasi Covid-19. Tribunnews/Herudin 

TRIBUNNEWS.COM - Public Health England (PHE) menemukan bahwa suntikan Pfizer dan AstraZeneca sangat efektif melindungi orang dari varian Covid yang ditemukan di India.

Analisi yang dilakukan PHE dikerjakan antara 5 April 2021-16 Mei 2021 menemukan bahwa vaksin Pfizer 88 persen efektif melawan penyakit simptomatik dari varian Covid India, dua pekan setelah pemberian dosis kedua.

Sementara itu, vaksin AstraZeneca 60 persen efektif.

"Perbedaan efektivitas antara kedua vaksin tersebut dapat disebabkan oleh peluncuran dosis AstraZeneca kedua yang berlangsung lebih lambat daripada untuk suntikan Pfizer," kata PHE pada Sabtu (22/5/2021).

Baca juga: BCA Jadi Bank Pertama yang Melaksanakan Vaksinasi Gotong Royong Untuk Karyawan

Baca juga: Vaksinasi Covid-19 WNI di Amerika Gunakan Vaksin Pfizer

Vaksin Pfizer.
Vaksin Pfizer. (Foto Shutterstock)

Melansir The Guardian, data menunjukkan bahwa perlu waktu lebih lama bagi suntikan AstraZeneca untuk mencapai efektivitas maksimal, sehingga perlindungan yang diberikannya dapat meningkat lebih jauh.

"Sekarang jelas betapa pentingnya dosis kedua untuk mengamankan perlindungan sekuat mungkin terhadap Covid-19 dan variannya," kata sekretaris kesehatan, Matt Hancock.

Selain perlindungan yang ditawarkan terhadap gejala Covid-19, PHE mengatakan pihaknya memperkirakan akan melihat tingkat keefektifan yang lebih tinggi terhadap rawat inap dan kematian di rumah sakit.

"Studi ini memberikan kepastian bahwa dua dosis dari masing-masing vaksin menawarkan perlindungan tingkat tinggi terhadap penyakit simptomatik dari varian B.1.617.2 (India) dan kami berharap vaksin tersebut menjadi lebih efektif dalam mencegah rawat inap dan kematian," kata Mary Ramsay, kepala imunisasi di PHE.

Poin ini didukung oleh Dr Susan Hopkins, direktur tanggapan strategis Covid-19 untuk PHE.

"Kami sekarang mendapat bukti awal bahwa vaksin melindungi [terhadap varian India]," katanya.

Halaman
12
Penulis: Andari Wulan Nugrahani
Editor: Arif Fajar Nasucha
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved