Breaking News:

Virus Corona

Kasus Pertama Infeksi Jamur Hitam Ditemukan pada Pasien Covid-19 di Luar India

Kasus pertama infeksi jamur hitam mematikan yang pertama kali ditemukan pada pasien Covid-19 di India kini telah ditemukan di negara lain.

Prakash SINGH / AFP
Spesialis THT Dr. Brajpal Singh Tyagi (kanan) memeriksa pasien yang sembuh dari virus corona Covid-19 sebelum ia menjalani operasi pengangkatan jamur hitam (Mucormycosis), di sebuah rumah sakit di Ghaziabad, India pada 1 Juni 2021. Kasus pertama infeksi jamur hitam mematikan yang pertama kali ditemukan pada pasien Covid-19 di India kini telah ditemukan di negara lain. 

TRIBUNNEWS.COM - Kasus pertama infeksi jamur hitam mematikan yang pertama kali ditemukan pada pasien Covid-19 di India kini telah ditemukan di negara lain.

Dilansir Mirror, pejabat kesehatan dilaporkan telah mencatat satu kasus di Chili dan satu lagi di Uruguay, memicu kekhawatiran infeksi menyebar dengan cepat.

The Chilean Society of Infectology mengatakan: "Kasus infeksi jamur telah terdeteksi sejak awal pandemi tetapi frekuensinya meningkat dan kasus serius bertambah."

Menurut The Times, pasien yang terjangkit jamur hitam di Uruguay adalah seorang pria berusia 50 tahun yang baru sembuh dari Covid-19 akhir Mei lalu.

Peningkatan kasus Mucormycosis - juga dikenal sebagai jamur hitam - telah menyebabkan ribuan pasien Covid-19 di India harus menjalani operasi pengangkatan mata.

Baca juga: Menkes : Kasus Jamur Hitam Belum Ditemukan di Indonesia

Baca juga: Muncul Infeksi Jamur Aspergillosis di India, Ditemukan pada Pasien Covid-19 yang Baru Sembuh

Dokter khawatir tentang infeksi tersebut sementara sistem perawatan kesehatan masih berada di bawah tekanan karena tingginya jumlah kasus dan kematian akibat virus corona.

Lebih dari 8.800 pasien di India telah tertular infeksi jamur hitam.

Seorang pasien yang pulih dari virus corona Covid-19 dan sekarang terinfeksi Jamur Hitam, infeksi jamur mematikan di Netaji Subhash Chandra Bose Medical College di Jabalpur pada 21 Mei 2021.
Seorang pasien yang pulih dari virus corona Covid-19 dan sekarang terinfeksi Jamur Hitam, infeksi jamur mematikan di Netaji Subhash Chandra Bose Medical College di Jabalpur pada 21 Mei 2021. (Uma Shankar MISHRA / AFP)

Negara bagian barat Gujarat bahkan membuat bangsal khusus infeksi jamur hitam karena memiliki begitu banyak kasus.

Negara bagian Rajasthan di barat laut juga telah menyatakan mukormikosis sebagai epidemi.

Perdana Menteri Narendra Modi mencuit, "Dalam pertempuran kita ini, tantangan baru jamur hitam lainnya juga muncul akhir-akhir ini."

Halaman
123
Penulis: Tiara Shelavie
Editor: Citra Agusta Putri Anastasia
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved