Breaking News:

Amerika Serikat Bagi-bagi Vaksin Covid-19 Gratis, Apakah Indonesia Masuk dalam Daftar?

Presiden Joe Biden mengumumkan, Amerika Serikat akan memberikan jutaan dosis vaksin Covid-19 cuma-cuma alias gratis ke sejumlah negara.

Freepik
Ilustrasi vaksinasi 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Presiden Joe Biden mengumumkan, Amerika Serikat akan memberikan jutaan dosis vaksin Covid-19 cuma-cuma alias gratis ke sejumlah negara.

Hal itu diumumkan resmi Gedung Putih pada Kamis kemarin (3/6/2021).

Biden mengatakan sebagai produsen, AS akan memudahkan akses negara lain untuk menerima vaksin Covid-19 dalam rangka mengatasi pandemi ini.

Amerika Serikat akan menyumbangkan sekitar 19 juta dosis melalui lembaga COVAX.

Melalui COVAX, sekitar 6 juta dosis akan dikirim ke Amerika Latin dan Karibia, sekitar 7 juta dosis ke Asia Selatan dan Tenggara, dan sekitar 5 juta ke Afrika.

Baca juga: Biden Beberkan Rencana AS Berbagi 80 Juta Dosis Vaksin Covid-19 ke Dunia

Dosis yang tersisa, berjumlah lebih dari 6 juta, akan langsung dikirim dari Amerika Serikat ke negara-negara termasuk Kanada, Meksiko, India dan Korea Selatan, katanya.

"Kami membagikan dosis ini bukan untuk mendapatkan bantuan atau mengekstraksi konsesi," kata Biden seperti dikutip dari Reuters, Sabtu (5/6/2021).

"Kami membagikan vaksin ini untuk menyelamatkan nyawa dan memimpin dunia dalam mengakhiri pandemi, dengan kekuatan teladan kami dan dengan nilai-nilai kami," tegasnya

Meskipun melalui COVAX, Gedung Putih tetap memiliki keputusan akhir terkait negara mana yang menerima dan jumlah dosisnya.

"Gedung Putih akan mendasarkan keputusan donasi pada faktor-faktor termasuk mencapai cakupan global, menanggapi krisis dan membantu sebanyak mungkin negara," kata penasihat keamanan nasional Jake Sullivan.

Amerika Serikat memprioritaskan negara tetangga termasuk Kanada, Meksiko dan negara-negara di Amerika Tengah dan Selatan.

Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Malvyandie Haryadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved