Breaking News:

Virus Corona

Penduduk Desa di India Takut Tes dan Vaksin Covid-19: Lari ke Sungai dan Hutan hingga Aniaya Nakes

Penduduk perdesaan di India melompat ke sungai, melarikan diri ke hutan hingga menganiaya tenaga kesehatan (nakes) karena takut tes dan vaksin Covid.

AFP/Money SHARMA
Seorang petugas kesehatan (kanan) berbicara kepada sebuah keluarga selama kampanye kesadaran vaksin di desa Kalwa, negara bagian Haryana. 

TRIBUNNEWS.COM - India pada Sabtu (5/6/2021) melaporkan 120.529 infeksi virus corona (Covid-19) baru selama 24 jam terakhir, sementara kematian meningkat 3.380 jiwa.

Total infeksi di India mencapai 28,69 juta dan total kematian mencapai 344.082 jiwa, menurut data dari Kementerian Kesehatan India.

Baru-baru ini lonjakan infeksi yang menghancurkan kota-kota di India, mulai mereda.

Namun pandemi kini mulai melanda pedalaman perdesaan, yang mana penduduknya memiliki pengetahuan yang minim mengenai Covid-19.

Dikutip dari Channel News Asia, ketidaktahuan warga desa mengenai virus corona membuat mereka takut pada tenaga kesehatan (nakes).

Baca juga: KPCPEN: Karantina 14 Hari Hanya Berlaku Bagi Pelaku Perjalanan dari India

Baca juga: Update Corona Global 5 Juni 2021: Total Kasus Aktif di Seluruh Dunia Capai 13,3 Juta, India 1,5 Juta

Ketika nakes mengetuk pintu rumah, para penghuninya terkadang lari ke belakang untuk menghindari tes maupun vaksinasi Covid-19.

Seorang warga desa Dhatrath bernama Kumari mengatakan, banyak orang di desanya tidak mau menerima vaksin karena takut mati.

Bahkan seorang warga marah hingga memukuli nakes yang berusaha meyakinkannya untuk divaksin.

"Banyak orang di desa saya tidak mau menerima vaksin. Mereka takut mereka akan mati jika meminumnya," kata Kumari kepada AFP.

"Salah satu penduduk desa sangat marah sehingga dia memukuli seorang pekerja (kesehatan) yang berusaha meyakinkannya untuk mengambil vaksin," sambungnya.

Halaman
1234
Penulis: Rica Agustina
Editor: Tiara Shelavie
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved