Breaking News:
BBC

Afghanistan: Mengapa penarikan pasukan Barat memicu kekhawatiran kembalinya al-Qaeda?

"Penarikan pasukan Barat membuat pengambilalihan oleh Taliban tak terelakkan dan memberi al-Qaeda kesempatan untuk membangun kembali jaringannya,

Penarikan tergesa-gesa pasukan Barat yang tersisa dari Afghanistan bulan ini malah membuat pimpinan intelijen mereka khawatir.

Penarikan pasukan yang diputuskan Presiden Amerika Serikat Joe Biden itu ternyata memberi angin bagi gerilyawan Taliban.

Dalam beberapa hari terakhir, gerilyawan Taliban telah merebut satu demi satu distrik hingga menyerbu pangkalan-pangkalan pasukan pemerintah yang mengalami demoralisasi (sering menyerah atau melarikan diri).

Sekarang, kata pengamat, momok terorisme internasional muncul kembali.

"Penarikan Biden dari Afghanistan membuat pengambilalihan oleh Taliban tak terelakkan dan memberi al-Qaeda kesempatan untuk membangun kembali jaringannya, ke titik di mana ia bisa sekali lagi merencanakan serangan di seluruh dunia," Sajjan Gohel, analis keamanan dan terorisme, mengatakan kepada BBC.

Memperluas operasi

Pandangan itu tentu saja terkesan pesimistis. Walaupun demikian, terdapat dua hal yang pasti pascapenarikan pasukan.

Pertama, Taliban - kelompok Islam garis keras yang memerintah Afghanistan dari tahun 1996-2001 dengan tangan besi - akan kembali berkuasa dalam beberapa bentuk.

Untuk saat ini, mereka mengatakan tidak memiliki ambisi untuk merebut Ibu Kota Kabul secara paksa.

Tetapi di sebagian besar wilayah Afghanistan, Taliban sudah menjadi kekuatan dominan dan tidak pernah mundur untuk menjadikan negara itu Imarah Islam sesuai dengan pedoman ketat keyakinan mereka.

Kedua, al-Qaeda dan saingannya, Negara Islam di Provinsi Khurasan (IS-KP, atau ISIS), akan mencari keuntungan dari kepergian pasukan Barat untuk memperluas operasi mereka di Afghanistan.


Lebih lanjut tentang penarikan Afghanistan:


Halaman
1234
Sumber: BBC Indonesia
BBC
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved